Hipmi: Geliat Ekonomi di Idul Fitri Jadi Momentum RI Keluar Resesi

Kompas.com - 13/05/2021, 16:21 WIB
Ilustrasi resesi ekonomi akibat pandemi virus corona. SHUTTERSTOCK/LIGHTSPRINGIlustrasi resesi ekonomi akibat pandemi virus corona.

JAKARTA, KOMPAS.com - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) menilai perayaan Idul Fitri menjadi momentum bagi Indonesia untuk keluar dari jurang resesi ekonomi.

Lantaran, pada periode ini konsumsi masyarakat akan meningkat pesat.

Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI Ajib Hamdani mengatakan, pada Lebaran terdapat momentum terjadinya kegiatan ekonomi yang melonjak, di mana masyarakat membelanjakan uang dan terjadi puncak transaksi ekonomi.

Baca juga: RI Masih Resesi, Pertumbuhan Ekonomi Minus 0,74 Persen pada Kuartal I-2021

"Idul Fitri ini menjadi bagian momentum yang harus terkelola dengan baik. Idul Fitri dalam geliat ekonominya, menjadi momentum untuk keluar dari resesi," ujar Ajib dalam keterangan tertulis, Kamis (13/5/2021).

Peningkatan konsumsi saat Lebaran membuat perputaran uang naik signifikan dan menjadi daya ungkit perputaran ekonomi secara makro.

Terutama dengan mengalirnya dana tunjangan hari raya (THR).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ajib bilang, berdasarkan data pemerintah menunjukkan bahwa terjadi perputaran dana THR berkisar Rp 150 triliun.

Bila disandingkan dengan data produk domestik bruto (PDB) tahun 2020 yang sebesar Rp 15.434,2 triliun, maka dana putaran THR memberikan kontribusi sebesar 1 persen dari PDB.

Baca juga: RI Masih Resesi Bikin IHSG Anjlok, Rupiah Malah Menguat

Melihat perhitungan itu, imbuh dia, maka tak heran jika pemerintah menyarankan agar masyarakat membelanjakan alokasi THR yang ada, terutama belanja untuk komoditas produksi dalam negeri.

"Harapannya tentu untuk memberikan multiplier effect (efek berganda), terutama tumbuhnya UKM di Indonesia, karena UKM menopang lebih dari 60 persen PDB," ungkap Ajib.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.