Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
AM Lilik Agung
Trainer bisnis

Mitra Pengelola GALERIHC, lembaga pengembangan SDM. Beralamat di lilik@galerihc.com.

Elon Musk, Sang Pendongeng Agung

Kompas.com - 22/05/2021, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DASAWARSA 80-an hingga 90-an di Yogya ada pendongeng nan hebat bernama Abbas CH. Selaras dengan zamannya, aneka dongeng yang diceritakan Abbas CH disiarkan melalui radio swasta di Yogya.

Dongeng yang disajikan Abbas CH berbahasa Jawa dan disampaikan monolog sehingga ia memainkan semua tokoh yang ada dalam cerita tersebut.

Ketika Abbas CH mendongeng, ribuan orang Yogya terkesima, tenggelam bersama radio transistornya.

Sesudah siaran, dongeng yang dituturkan Abbas CH - memakai istilah kekinian - menjadi trending topic. Dibahas para pendengar setianya, mengalahkan berita tentang harga cabai keriting atau wortel tanpa daun di Pasar Beringharjo yang saban malam disiarkan oleh RRI.

zaman terus bergerak. Teknologi bertumbuh eksponensial. Era 4.0 dengan pilar-pilarnya bernama internet untuk segala, kecerdasan buatan, mega data, cloud, percetakan tiga dimensi hingga robot tingkat lanjut, mengubah aneka kehidupan.

Semua menjadi super cepat bahkan nyaris tunggang-langgang. Skalanya luas dan memiliki dampak tiada batas.

Kisah para pendongeng pun berganti peran. Jika di zaman radio, skala pendongeng hanya sebatas kekuatan pancaran radio dan dampaknya lokal seperti terjadi pada Abbas CH.

Maka pendongeng di era 4.0 menerobos sekat pembatas dan berdampak global. Salah satu pendongeng terakbar hari ini adalah Elon Musk.

Pria bernama lengkap Elon Reeve Musk kelahiran Afrika Selatan 28 Juni 1971, memang seorang pendongeng ulung. Dongeng yang disajikan Musk selalu tentang masa depan berbaur dengan teknologi paling anyar.

Menjadi sebuah kewajaran apabila Musk memiliki ratusan juta penggemar yang tersebar di empat penjuru mata angin. Lebih hebat lagi, sebagian penggemar tersebut rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mewujudkan apa yang didongengkan Musk.

Nama Musk mulai dikenal publik ketika mendirikan perusahaan X.Com pada Maret 1999. X.Com mengakusisi Confinity dan kemudian lahir PayPal. PayPal merupakan salah satu pioner sistem pembayaran berbasis internet. PayPal menjadi raksasa ketika digunakan oleh eBay untuk sistem pembayaran.

Berbekal kesuksesan membesarkan PayPal dan didukung oleh latar belakang pendidikannya yang didapat dari kampus terbaik dunia - Wharton School dan Stanford University - Musk mulai mengembangkan kemampuan mendongeng.

SpaceX

 

Ia mendongeng bahwa dengan semakin panasnya bumi dan rusaknya alam, sudah pantas apabila manusia hidup di planet lain, khususnya di Mars. Untuk mewujudkan dongengnya menjadi kenyataan, ia mendirikan SpaceX.

Sebagai inovator, investor sekaligus pengusaha yang disandang Musk, membuat SpaceX dijadikan mitra strategis NASA untuk mengeksplorasi luar angkasa. NASA memercayakan SpaceX mengirim kargo ke International Space Station. SpaceX alhasil menjadi perusahaan swasta pertama yang menempatkan satelit di orbit Bumi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com