Akuisisi, Indika Energy Beli 72 Persen Saham Nusantara Resources Senilai Rp 644 Miliar

Kompas.com - 28/06/2021, 19:16 WIB
Direktur Utama PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid saat HUT Ke-18 Indika Energy di Jakarta, Kamis (25/10/2018) malam. KOMPAS.com/Putri Syifa NurfadilahDirektur Utama PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid saat HUT Ke-18 Indika Energy di Jakarta, Kamis (25/10/2018) malam.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indika Energy Tbk (INDY) menambah sahamnya senilai 58,8 juta dollar Australia atau setara Rp 644,15 miliar (asumsi kurs Rp 10.955 per dollar Australia) di Nusantara Resources Ltd untuk mengambil alih atau mengakuisisi perusahaan tambang emas tersebut.

Indika Energy pun telah menandatangani scheme implementation deed untuk mengakuisisi Nusantara yang mengelola tambang emas Awak Mas di Luwu, Sulawesi Selatan melalui mekanisme scheme of arrangement.

Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid mengatakan, rencana transaksi ini merupakan langkah strategis Indika untuk meningkatkan eksposur di sektor pertambangan emas dan memperkuat diversifikasi bisnis perusahaan.

Baca juga: Indika Energy Mulai Vaksinasi Gotong Royong Karyawan Secara Bertahap

"Transaksi ini merupakan langkah strategis Indika Energy untuk memperkuat diversifikasi bisnis di sektor non-batubara yang terus kami upayakan sejak 3 tahun terakhir. Kami berharap transaksi ini dapat menciptakan nilai jangka panjang yang menguntungkan bagi seluruh pemangku kepentingan," ujar Arsjad dalam keterangan tertulis, Senin (28/6/2021).

Indika Energy akan membayar 0,35 dollar Australia per saham untuk 168.041.107 saham yang belum dimiliki oleh perusahaan sehingga total transaksinya adalah sebesar 58,8 juta dollar Australia atau ekuivalen dengan 45,3 juta dollar AS untuk sekitar 72 persen saham di Nusantara.

Adapun rencana transaksi ini tunduk pada pemenuhan persyaratan, antara lain persetujuan pemegang saham Nusantara pada rapat umum pemegang saham yang rencananya akan diselenggarakan pada September 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu persetujuan pengadilan di Australia, serta pemenuhan kondisi lainnya dalam dokumen sehubungan dengan rencana transaksi.

Rencana transaksi ini juga menerima dukungan penuh dari semua anggota Independent Board Nusantara.

Baca juga: Kuartal I-2021, Indika Energy Rugi Rp 135,7 Miliar

Indika Energy melalui anak usahanya PT Indika Mineral Investindo (IMI), saat ini memiliki sekitar 28 persen saham di Nusantara, serta kepemilikan saham secara langsung di PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) yang mengelola tambang emas Awak Mas sebanyak 25 persen.

Melalui transaksi ini, Indika Energy akan mengendalikan Masmindo sepenuhnya sehingga secara efektif meningkatkan eksposur perusahaan di sektor pertambangan emas.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.