Kapal Feri Yunicee Tenggelam, Kemenhub Sebut 44 Orang Selamat

Kompas.com - 30/06/2021, 03:39 WIB
Tangkapan layar kapal tenggelam di perairan Gilimanuk Kontributor Bali, Ach. FawaidiTangkapan layar kapal tenggelam di perairan Gilimanuk

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengonfirmasi terjadi musibah tenggelamnya Kapal Feri Penyeberangan (KMP) Yunicee di perairan Pelabuhan Gilimanuk, Bali.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, insiden tersebut terjadi pada hari ini, Selasa pukul 19.06 WITA.

Berdasarkan laporan yang diterima Kemenhub hingga pukul 21.45 WITA sudah sebanyak 44 orang telah berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat.

Baca juga: Dorong Tol Laut, Kapal Ternak di NTB Bisa Angkut 500 Sapi Sekali Jalan

"Saat ini pihak Basarnas masih terus melakukan evakuasi di lokasi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (29/6/2021).

Menurut Adita, saat terjadi kecelakaan tersebut, pihak Kemenhub pun segera berkoordinasi dengan pihak Basarnas dan KNKT untuk melakukan evakuasi di lokasi kejadian. Ia pun menyatakan rasa duka cita atas tenggelamnya KMP Yunicee.

"Kami menyampaikan duka cita yang mendalam atas kejadian yang menimpa KMP Yunice dengan rute Ketapang-Gilimanuk malam hari ini, sekitar pukul 19.06 WITA," ucap dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, sebelumnya Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adiwibawa mengatakan, dari proses evakuasi yang sedang berlangsung, tim telah menemukan 6 orang penumpang dalam keadaan meninggal.

"Korban meninggal baru (ditemukan) 6, sekarang kami arahkan ke Puskesmas Gilimanuk," kata Adiwibawa saat dihubungi, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Simak Jadwal Kapal ASDP di Pelabuhan Patimban untuk Angkutan Logistik

Adapun total jumlah penumpang kapal tersebut sebanyak 41 orang dengan 15 anak buah kapal (ABK). Belum diketahuo apakah 6 orang yang meninggal tersebut ABK atau penumpang.

KPM Yunicee sendiri memiliki panjang kapal 56,5 meter dengan lebar 8,6 meter. Kapal diduga miring dan langsung tenggelam di selatan Pelabuhan Gilimanuk

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.