Dorong Tol Laut, Kapal Ternak di NTB Bisa Angkut 500 Sapi Sekali Jalan

Kompas.com - 22/06/2021, 18:40 WIB
Kapal ternak di Pelabuhan Calabai, Nusa Tenggara Barat yang disediakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub untuk mendukung program tol laut. Dok. Humas KemenhubKapal ternak di Pelabuhan Calabai, Nusa Tenggara Barat yang disediakan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub untuk mendukung program tol laut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyediakan kapal ternak di Pelabuhan Calabai, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini sebagai upaya untuk mengoptimalkan pemanfaatan program tol laut.

Kapal ternak yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kabupaten Dompu dan sekitarnya itu, disebut bisa mengangkut sebanyak 500 ekor sapi untuk satu kali perjalanan. Kabupaten Dompu sendiri berada di bagian tengah Pulau Sumbawa, NTB.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Calabai, Hani Mamengko mengatakan, angkutan khusus ternak tersebut merupakan bentuk optimalisasi konektivitas tol laut dan mendorong swasembada daging sapi di Kabupaten Dompu.

Baca juga: Ladang Uang Ternak Ayam Kampung, Modal Kecil, Peluang Menjanjikan

Ia pun berharap pemerintah daerah (pemda) setempat dan stakeholder terkait lainnya dapat memanfaatkan kapal ternak tersebut.

"Kami menyambut peluang pengiriman hewan ternak sapi melalui jadwal rutin kapal Tol Laut melalui Pelabuhan Calabai," kata Hani dalam keterangan tertulisnya, Selasa (22/6/2021).

Seperti diketahui, untuk mendukung program tol laut, pemerintah memang memberikan subsidi tarif sebesar 50 persen bagi kapal tol laut dengan muatan balik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, lanjut Hani, dengan adanya kapal ternak itu diharapkan kualitas daging yang berasal dari daerah asal menjadi meningkat dan lebih baik lagi ketika sampai di daerah tujuan.

Hani berharap, selain sapi, nantinya penggunaan kapal tol laut ini bisa dimanfaatkan pula untuk distribusi komoditas lain, dari suatu daerah ke daerah lainnya.

Sementara itu, Bupati Dompu Kader Jaelani mengatakan, sesuai penugasan Kemenhub, kapal pengangkut ini mampu membawa hingga 500 sapi dalam satu kali perjalanan.

Baca juga: Janji Swasembada Daging Sapi 2 Periode Jokowi Ditagih

“Jadi mari manfaatkan semaksimal mungkin laut ini untuk tidak hanya mengirim sapi hidup tetapi juga dalam bentuk daging, maka keuntungan akan lebih banyak,” ujarnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Khaerul Ihwan menambahkan, diharapkan adanya tol laut tersebut mampu dimanfaatkan secara maksimal guna meningkatkan pendapatan masyarakat dan daerah.

“Mudah-mudahan ini akan bermanfaat bagi kita dalam mewujudkan perekonomian di Kabupaten Dompu,” tutupnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X