KILAS

Lewat Koperasi, ANJ Dukung Ketahanan Ekonomi Masyarakat Papua Barat

Kompas.com - 12/07/2021, 20:29 WIB
Tim ANJ dengan para warga anggota Koperasi Simpan. DOK. Humas ANJTim ANJ dengan para warga anggota Koperasi Simpan.

 

KOMPAS.com – Head of Community Involvement and Development (CID) PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) Arianto Wibowo mengatakan, pihaknya berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat, terutama di Papua Barat.

Hal ini, kata dia, sekaligus bertujuan agar masyarakat mendapatkan manfaat dari transformasi menuju ekonomi yang lebih modern.

Untuk mewujudkannya, ANJ telah memiliki berbagai inisiatif melalui proyek responsible development (RD) atau pengembangan bertanggung jawab, dan program pelibatan serta pengembangan masyarakat,

“Salah satu contoh proyek RD kami adalah pembentukan dan pembinaan koperasi. Saat ini, kami sudah melakukan pembinaan kepada lebih dari 40 koperasi di semua wilayah operasi ANJ di seluruh penjuru Indonesia," ujar Arianto, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Pemerintah Targetkan Cetak 500 Koperasi Modern pada 2024

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Arianto menyatakan, keberadaan beberapa program koperasi merupakan bukti keseriusan ANJ dalam mengembangkan proyek-proyek bertanggung jawab di Papua Barat.

Salah satunya adalah Koperasi Simpan, yang dibentuk untuk memberikan kemudahan masyarakat terkait hal perbankan.

“Pasalnya, perbankan di wilayah tersebut terletak sangat jauh dan sulit diakses oleh masyarakat di dekat perkebunan PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) dan PT Permata Putera Mandiri (PPM),” ujar Arianto.

Bahkan, sebut dia, lokasi bank terdekat berjarak lebih dari 90 kilometer (km) dengan kondisi jalan yang buruk dan biaya transportasi bisa mencapai Rp 2,5 juta sekali jalan.

Baca juga: Wapres Minta Kemenkominfo Pastikan Wilayah Papua-Papua Barat Terlayani Program Tol Langit

Guna menghindari biaya tinggi, masyarakat cenderung menggunakan jasa perantara untuk membawa uang mereka ke bank. Hal ini sangat berisiko karena pernah terjadi kasus pencurian yang dilakukan pihak perantara.

Melihat permasalahan yang cukup signifikan tersebut, ANJ mencetuskan gagasan untuk mendirikan Koperasi Simpan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.