Kompas.com - 20/07/2021, 16:32 WIB
Ilustrasi KAI KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoIlustrasi KAI

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada 10.017 pelanggan KA Jarak Jauh sepanjang 3-19 Juli 2021.

Vaksinasi dilakukan di 13 stasiun yaitu Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasar Turi, Malang, dan Jember.

"Sejak 3-19 Juli 2021, KAI telah melakukan vaksinasi Covid-19 kepada 10.017 pelanggan KA Jarak Jauh atau rata-rata 589 pelanggan per hari," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, Selasa (20/7/2021).

Menurut Joni, pelaksanaan vaksinasi gratis di stasiun-stasiun berjalan dengan lancar dan di sambut positif oleh masyarakat. Ia memastikan, KAI berupaya optimal dalam pelaksanaan vaksinasi, seski kuota vaksin yang tersedia terbatas di masing-masing daerah.

Baca juga: Rayakan Idul Adha, Sri Mulyani Ajak Masyarakat Tetap Berbagi di Tengah Pandemi

Joni mengatakan, kelancaran pelaksanaan vaksinasi di stasiun dapat tercapai di dukung kerja sama kolaboratif dengan seluruh stakeholders, seperti Kementerian BUMN, Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, hingga pemerintah daerah setempat.

Dia menjelaskan, kegiatan vaksinasi gratis di stasiun bertujuan untuk mendukung pemerintah dalam rangka mempercepat tercapainya herd immunity masyarakat, sehingga penyebaran Covid-19 di Indonesia dapat lebih terkendali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi penumpang KA Jarak Jauh yang ingin memanfaatkan layanan vaksinasi gratis di stasiun, harus berusia 18 tahun ke atas dan menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA Jarak Jauh yang berlaku.

Selain itu penumpang harus memiliki KTP, dan datang paling lambat H-1 sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Ia pun, mengimbau untuk penumpang yang belum di vaksin bisa memanfaatkan layanan vaksinasi gratis di stasiun

Baca juga: Erick Thohir: Semoga Pandemi Covid-19 Segera Tertangani dengan Baik

"Harapannya agar jumlah masyarakat yang divaksin semakin banyak dan penyebaran pandemi Covid-19 dapat lebih terkendali," kata Joni.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir sempat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi di Stasiun Bandung pada 10 Juli 2021 lalu. Erick mengapresiasi KAI dalam pelaksanaan vaksinasi gratis di stasiun.

Ia bilang, layanan vaksinasi di stasiun sangat membantu masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan kereta api dan membantu percepatan penekanan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

"Dari contoh yang saya lihat di Stasiun Bandung ini, program vaksinasi bagi penumpang KA selama PPKM Darurat ini berjalan baik," ujar Erick.

Baca juga: Telanjur Terjerat Pinjol Ilegal, Lakukan 5 Langkah Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.