Luhut: Pekerja yang Sakit Langsung Dites Covid-19 Saja

Kompas.com - 24/07/2021, 15:11 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta perusahaan melakukan tes Covid-19 kepada pekerja yang sakit. 

Menurut Luhut, hal itu perlu dilakukan untuk meminimalisir semakin memburuknya kondisi kesehatan para pekerja.

“Saya minta kalau ada (pekerja) yang sakit langsung dites (Covid-19) saja. Kalau ada pekerja yang ada indikasi juga, langsung dilakukan pengecekan saja. Penanganan pasien isolasi mandiri itu perlu diperhatikan, karena umumnya yang dibawa ke rumah sakit itu sudah pada level yang parah,” ucap Luhut melalui siaran pers, Sabtu (24/7/2021).

Baca juga: Luhut Minta 4 Provinsi Buat Laporan Khusus Penyebab Tingginya Kematian akibat Covid-19

Permintaan Luhut tersebut disampaikan sebagai respons terhadap langkah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang yang ingin menekan kenaikan kasus Covid-19 di lingkungan perusahaan.

Salah satu caranya yaitu perusahaan harus memberikan laporan secara berkala terkait penerapan protokol kesehatan di lingkungan perusahaan.

“Pihak industri saat ini diwajibkan untuk melakukan pelaporan berkala terkait penerapan protokol kesehatan. Perusahaan yang tidak melakukan pelaporan akan dikenakan sanksi administrasi,” ungkap Agus.

Agus mengatakan, perusahaan juga wajib memiliki Satgas Covid-19, tersedianya fasilitas dan tenaga kesehatan di tempat kerja, menyusun panduan kedatangan dan kepulangan pegawai, pengaturan shift dan aktivitas lain yang mengakibatkan kerumunan, serta melarang pekerja yang sakit untuk bekerja.

Baca juga: Bansos Mulai Dibagikan, Luhut: Jangan Sampai Ada Data Fiktif

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.