7 Konglomerat Pemilik Bank Paling Tajir di Indonesia

Kompas.com - 31/07/2021, 11:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi beberapa konglomerat, memiliki bisnis dengan puluhan bahkan ratusan perusahaan, tampaknya kurang lengkap rasanya apabila belum memiliki bank.

Hal ini cukup masuk akal mengingat saat ini hampir seluruh perputaran ekonomi bergantung pada perbankan. Bank tak hanya berfungsi sebagai transaksi bisnis, namun juga sekaligus sebagai penimbun kekayaan dan alat memutar dana berlebih.

Dengan memiliki bank sendiri, bisnis dalam kelompok perusahaannya bisa saling mendukung. Karyawan sendiri di bawah kelompok bisnisnya, setidaknya juga bisa jadi nasabah paling loyal.

Majalah Forbes baru-baru ini kembali merilis daftar orang terkaya di dunia dan Indonesia. Berikut ini daftar 7 konglomerat pemilik bank paling tajir di Indonesia:

Baca juga: Ini 7 Orang Terkaya Indonesia dari Bisnis Kayu

1. Hartono Bersaudara (Bank BCA)

Siapa tak kenal dengan Budi Hartono dan Michael Hartono. Mereka sejak satu dekade terakhir menjadi langganan di posisi teratas orang terkaya di Indonesia.

Kedua konglomerat ini adalah pemilik Bank BCA. Bank ini awalnya dimiliki Grup Salim, namun kemudian dilepas karena imbas krisis moneter tahun 1998.

Bersaudara ini menguasai mayoritas saham di Bank BCA lewat PT Dwimuria Investama Andalan. Kentungan yang besar dari dividen dan kenaikan harga saham BCA menjadi salah satu sumber pundi kekayaan terbesarnya.

Budi Hartono dicatat Forbes memiliki kekayaan sebesar 18,1 miliar dollar AS. Sementara saudaranya Michael Hartono memiliki kekayaan sebesar 17,4 miliar dollar AS.

Baca juga: Profil 5 Orang Terkaya Paling Muda dari Indonesia

Budi Hartono berada di peringkat ke-107 orang terkaya di dunia, kemudian Michael Hartono di peringkat ke-111 orang paling kaya di dunia. Keduanya adalah orang terkaya di Indonesia, yakni urutan pertama dan kedua. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.