Sambut BI-Fast, Anabatic Siapkan Digital Xformation Platform

Kompas.com - 03/08/2021, 16:25 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan teknologi PT Anabatic Technologies Tbk menyiapkan Digital Xformation Platform (DXP) sebagai solusi teknologi bagi perbankan dalam penerapan Bank Indonesia Fast Payment alias BI-Fast.

BI-Fast Payment merupakan sistem yang dipersiapkan mengganti metode pengiriman uang Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Dengan BI- Fast, sistem transfer akan beroperasi selama 24 jam sehingga bank bisa menjalankan kliring secara non-stop jika dibutuhkan.

Baca juga: Layanan BI Fast Payment Bakal Beroperasi 24 Jam Penuh

“Kita perkenalkan solusi dari Anabatic yakni Digital Xformation System, dimana agility dari platform itu sendiri bisa komunikasi dengan multiple system dengan Omni channel yang dimiliki oleh bank,” kata Head of Solution Anabatic Technologies Regina Anastasia dalam sesi webinar yang disiarkan secara virtual, Selasa (3/8/2021).

Dia menjelaskan, platform DXP merupakan layer tambahan atau digital payment switch yang di-deployed pada server IBM untuk menjaga stabilitas serta scalable dari platform.

DXP menjadi solusi yang bisa membantu bank melakukan transformasi tidak harus mengubah seluruh sistem yang ada, tapi hanya menambah satu layer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

DXP pun membantu bank untuk berkomunikasi melalui API, ISO 8583 sampai ISO 20022 yang dibutuhkan untuk transformasi menyongsong BI FAST dan new swift regulation.

“Misalnya, sebuah bank punya internal system terkait core banking-nya, terkait credit card sampai dengan treasury system. Ini bisa komunikasi dengan digital system-nya (eKYC, biometrics, e-wallet, Open API),” jelas Regina.

Baca juga: Bakal Gantikan Sistem Kliring Nasional, Apa Kelebihan BI Fast?

Regina menambahkan, untuk bisa cocok dengan konektor dari BI, kapabilitas platform tersebut di-provide tidak terbatas sebagai konverter saja.

“Tapi kami provide dari sisi digital payment switch-nya. Sehingga mempunyai nilai tidak terbatas pada koverter saja. Karena bagaimana bank harus bisa “in” dengan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2021,” kata Regina.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.