Menteri Investasi Sebut Kenaikan EoDB RI Tergantung Lobi-lobi

Kompas.com - 30/08/2021, 13:45 WIB
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia di Jakarta KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Investasi Bahlil Lahadalia di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menargetkan peringkat kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EoDB) Indonesia berada di posisi ke-60 pada tahun ini.

Hal itu disampaikan Bahlil setelah ditanya terkait target penurunan EoDB Indonesia oleh Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih dalam rapat kerja, Senin (30/8/2021).

"Insya Allah kita targetkan di sekitaran (peringkat) 60 pimpinan (Komisi VI). Ini (kenaikan EoDB RI) tergantung lobi-lobi, lobi-lobi setengah kamar yang tidak dalam undang-undang," kata Bahlil. 

Saat ini, peringkat kemudahan berusaha Indonesia berada di peringkat 73. Pemerintah menilai peringkat tersebut belum memuaskan.

Sementara itu kata Bahlil, Presiden Joko Widodo telah memberikan tenggat waktu agar Indonesia bisa mencapai peringkat 40 atau 50 pada 2023.

Baca juga: Menteri Investasi Akui OSS Berbasis Risiko Belum Sempurna

Pada 2020, Bank Dunia tidak mengumumkan tingkat atau ranking kemudahan berusaha. Bahlil mengatakan, Bank Dunia akan kembali memberikan penilaian terhadap kemudahan berusaha di Indonesia pada Oktober 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami baru balik dari sana kemarin ke World Bank, kami menghadap World Bank dan kami sudah menanyakan hal itu, dan Insyaallah bulan Oktober ini rencana ada pengumuman," sambung Bahlil.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih menanyakan perkiraan peringkat kemudahan berusaha Indonesia kepada pemerintah.

Dia juga bertanya apakah penerapan sistem perizinan online terpadu atau OSS berbasis risiko yang diluncurkan pada 9 Agustus 2021 akan mendongkrak peringkat kemudahan berusaha Indonesia atau tidak.

Baca juga: Bantu Proyek Mangkrak, Bahlil: Ibaratnya Ini Strategi Permainan Bola Juventus...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.