Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel dan Indihome Gangguan, Hampir Merata di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 20/09/2021, 05:45 WIB
Muhammad Idris

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk menyatakan saat ini telah terjadi gangguan jaringan internet fiber optik Indihome (Indihome gangguan). Gangguan juga rupanya dialami jaringan seluler Telkomsel (Telkomsel gangguan)

SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengungkapkan Indihome gangguan dan Telkomsel gangguan terjadi akibat adanya problem sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ruas Batam Pontianak sekitar pukul 17.33 WIB.

“Mohon maaf atas kejadian ini (Indihome gangguan dan Telkomsel gangguan). Saat ini kami sudah langsung melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Sehingga kualitas layanan dapat segera kembali normal sebelum tengah malam ini,” ujarnya seperti dikutip pada Senin (20/9/2021).

Atas kejadian tersebut sejumlah layanan Telkom Group dari fixed hingga mobile broadband kualitasnya menurun di beberapa wilayah di Indonesia.

Baca juga: Harga Wifi Indihome Per Paket dan Biaya Pasang Barunya

Hingga kini timnya masih mengidentifikasi penyebab yang membuat adanya gangguan koneksi tersebut (Indihome gangguan dan Telkomsel gangguan).

“Semoga gangguan dapat teratasi dan layanan Telkom Group dapat kembali normal secepatnya,” lanjutnya.

Telkom minta maaf

Sementara Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyampaikan permohonan maafnya atas gangguan yang terjadi.

Gangguan tersebut menyebabkan layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua menjadi terganggu.

Baca juga: Saat Jokowi Janji Beli Kembali Indosat di Pilpres 2014

Pihaknya mengatakan tengah mencari penyebab gangguan dan memprioritaskan pemulihan akses dengan cepat.

"Saat ini kami bersama Telkom Group sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan (Indihome gangguan dan Telkomsel gangguan), dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak," ujar Denny, dihubungi terpisah.

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas hal ini, dan kami mengapresiasi kesetiaan pelanggan yang selalu mempercayakan solusi kebutuhan layanan telekomunikasi kepada Telkomsel," ujarnya.

Dampak Indihome gangguan ke tes CPNS

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyampaikan imbauan kepada para peserta ujian CPNS 2021 terkait adanya gangguan layanan internet yang disediakan PT Telkom Indonesia ini (Indihome gangguan dan Telkomsel gangguan).

Imbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi (PPSS) BKN Mohammad Ridwan melalui akun Twitternya @abiridwan2173.

Baca juga: Sejarah Indosat: BUMN yang Dijual ke Singapura di Era Megawati

“Jika gangguan massal PT Telkom masih berlanjut hingga besok (20 Sept 2021), peserta SKD CPNS atau Selkom P3K Non Guru agar siap dengan bekal lebih,” tulis akun @abiridwan2173 pada Minggu (19/9/2021) malam.

“Bawa juga kesabaran sebanyak-banyaknya karena ini ujian yg sebenarnya,” sambungnya.
Cuitan Mohammad Ridwan melalui akun Twitternya tersebut mendapat beragam respons dari warganet.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com