Penggunaan QRIS Lintas Negara Bakal Diperluas ke Malaysia dan Arab Saudi

Kompas.com - 22/09/2021, 13:20 WIB
Ilustrasi QRIS (Dok. Bank Indonesia) Ilustrasi QRIS (Dok. Bank Indonesia)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) berencana memperluas pelaksanaan transaksi Quick Response Indonesia Standard (QRIS) lintas negara, setelah beberapa waktu lalu resmi menjalankan pilot project bersama dengan Bank of Thailand.

Asisten Gubernur & Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta mengatakan, ke depannya kerja sama penerapan sistem pembayaran digital itu akan diperluas ke negara-negara lain seperti Malaysia.

"Saat ini kami sedang melakukan piloting mengembangkan QRIS dengan Thailand, berikutnya dengan Malaysia," kata dia dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (22/9/2021).

Lebih lanjut Filianingsih menjelaskan, melalui kerja sama bilateral tersebut, kedua negara yang telah berkolaborasi dapat menggunakan sistem pembayaran digital QR code-nya di masing-masing negara.

Baca juga: BI Catat 9,4 Juta Merchant Implementasikan QRIS

"Artinya nanti QRIS kita bisa dipakai pada saat turis dari Thailand datang ke Indonesia, bisa memakai QRIS kita. Dan sebaliknya, pada saat kita pergi ke Thailand kita bisa memakai QR Thailand," ujarnya.

Selain dengan Malaysia, BI juga disebut tengah menjajaki potensi kerja sama dengan negara lain, seperti hal nya Arab Saudi melalui Saudi Arabian Monetary Agency.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sehingga nanti pada saat umrah dan naik haji tidak perlu membawa (mata uang) riyal, sehingga cukup dengan QRIS saja," kata Filianingsih.

Untuk penggunaan QRIS di dalam negeri sendiri, Filianingsih melaporkan adanya tren pertumbuhan merchant yang terus berlanjut.

Bank sentral mencatat, sampai dengan pertengahan September 2021 terdapat 10,4 juta merchant yang telah menggunakan QRIS.

"Ini merupakan pintu masuk UMKM menuju transaksi digital," ucapnya.

Baca juga: Lewat QR Antar-negara, Wisatawan Indonesia ke Thailand Tak Lagi Harus Tukar Baht

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.