Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaga Keamanan Pelayaran, Indonesia Punya 285 Menara Suar

Kompas.com - 22/09/2021, 22:03 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, Indonesia memiliki 285 menara suar yang dikelola 25 Kantor Distrik Navigasi. Menara suar sangat diperlukan bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Arif Toha mengatakan, penggunaan sarana bantu navigasi-pelayaran (SBNP) seperti menara suar diperlukan untuk mendukung keamanan dan keselamatan berlayar bagi kapal-kapal yang melintas.

Di sisi lain, dengan semakin meningkatnya kualitas sistem dan jaringan transportasi termasuk pelayaran, maka meningkat pula interaksi antara pelaku ekonomi yang pada akhirnya berdampak memajukan perekonomian di seluruh wilayah negara.

Baca juga: PPKM Berlanjut, Kemenhub Tegaskan Syarat Perjalanan Dalam Negeri Tak Berubah

"Sarana Bantu Navigasi Pelayaran khususnya Menara Suar memiliki fungsi yang sangat vital dalam menunjang konektivitas maritim demi mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai poros maritim dunia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (27/9/2021).

Ia bilang, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memiliki peran penting dalam penyediaan transportasi laut yang aman, nyaman, efisien dan tepat sasaran, serta berperan dalam roda perekonomian, memperlancar mobilisasi penduduk, distribusi logistik, dan konektivitas antar pulau.

Oleh sebab itu, dalam memperingati Hari Menara Suar Indonesia yang jatuh pada 22 September 2021, sekaligus mengingatkan kembali pentingnya fungsi dan peranan menara suar bagi Indonesia, bahkan bagi dunia pelayaran pada umumnya.

Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan menambahkan, selain berfungsi mendukung keamanan dan keselamatan pelayaran, menara suar juga memliki peran sebagai perlindungan lingkungan maritim. Salah satunya untuk memperkuat batas wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurutnya, dengan peran penting itu, maka keberadaan menara suar dan pengabdian para petugas menara suar sudah selayaknya mendapat apresiasi dari seluruh lapisan masyarakat. Apresiasi itu salah satunya dilakukan dengan penetapan hari Menara Suar Nasional.

Lewat apresiasi itu diharapkan semakin banyak masyarakat Indonesia yang menyadari pentingnya peran menara suar dalam meningkatkan keselamatan pelayaran dan perlindungan maritim di seluruh wilayah perairan Indonesia.

"Seiring dengan penguatan karakter kemaritiman melalui kampanye Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia, pengakuan dan perwujudan apresisasi terhadap menara suar dan petugas menara suar melalui penetapan hari Menara Suar Nasional dipandang sangat penting untuk dilakukan," ujar Hengki.

Baca juga: Isu Bandara Ngurah Rai Bali Buka Penerbangan Internasional, Ini Kata Kemenhub

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com