Survei: Seimbangkan Karier dan Keluarga, Kesehatan Mental Pekerja Perempuan Memburuk Selama Pandemi

Kompas.com - 22/09/2021, 19:51 WIB
Survei kesehatan mental menemukan, mayoritas masyarakat Indonesia merasa kesepian setidaknya dalam sebulan terakhir. FREEPIK/JCOMPSurvei kesehatan mental menemukan, mayoritas masyarakat Indonesia merasa kesepian setidaknya dalam sebulan terakhir.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Investing in Women pada Desember 2020, menunjukkan lebih dari sepertiga pekerja atau sebanyak 38 persen memiliki kondisi kesehatan mental yang memburuk.

Menurut Direktur Eksekutif IBCWE Maya Juwita, angka ini mengalami sedikit peningkatan dari survei pertama pada Mei 2020.

Rata-rata kondisi kesehatan mental yang buruk dialami oleh pekerja perempuan sebesar 40 persen dan 36 persen laki-laki.

Baca juga: Sandiaga: Perempuan Jadi Game Changer Ekonomi Kreatif di RI

Kondisi tersebut disebabkan adanya penyeimbangan kondisi kerja dan keluarga, serta ketegangan keluarga menjadi sumber tekanan mental dan kelelahan bagi perempuan.

Ditambah lagi, karena peningkatan beban pekerjaan rumah tangga menjadi salah satu penyebab ketegangan fisik bagi setengah perempuan yang mengikuti survei.

Hampir sepertiga dari laki-laki juga mengatakan hal yang senada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, pekerja yang lebih tua justru memiliki kesehatan jiwa dan fisik yang lebih tangguh dibandingkan pegawai yang lebih muda.

"Mungkin karena pekerja yang lebih tua rata-rata memiliki posisi atau jabatan yang lebih tinggi sehingga pekerja yang lebih muda akan mengalami kekhawatiran-kekhawatiran tertentu, khususnya stabilitas kerja," ujar Maya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Baca juga: Anggota Serikat Kami Sebagian Besar adalah Perempuan Pelinting Kretek...

Pandemi Covid-19 terus mendatangkan dampak yang signifikan terhadap para pegawai sektor swasta di Indonesia.

Kemudian, sebanyak 13 persen pekerja mengalami produktivitas yang lebih rendah dibandingkan dengan situasi sebelum pandemi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.