Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Tempuh Sejumlah Kereta Jarak Jauh Kini Lebih Singkat

Kompas.com - 25/09/2021, 16:17 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mempercepat waktu tempuh perjalanan kereta dari Stasiun Gambir ke berbagai tempat tujuan.

Beberapa perjalanan KAI yang dipercepat meliputi perjalanan KA Argo Bromo Anggrek (Gambir - Surabaya Pasar Turi pp), Argo Wilis (Bandung - Surabaya Gubeng pp), Argo Lawu (Gambir - Solo Balapan pp), Argo Dwipangga (Gambir - Solo Balapan pp), dan Taksaka (Gambir - Yogyakarta pp).

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, percepatan dapat diraih melalui peningkatan kemampuan prasarana sehingga kereta mampu melaju lebih cepat namun tetap mengutamakan keselamatan perjalanan.

Baca juga: Optimalkan Lahan Sekitar Stasiun, KAI Kembangkan Kawasan TOD

"Percepatan perjalanan ini bertujuan untuk memenuhi harapan pelanggan yang memerlukan waktu perjalanan yang lebih cepat," ujar Didiek dalam siaran pers, Sabtu (25/9/2021).

Didiek merinci, untuk perjalanan rute Gambir-Yogyakarta (PP) kini lebih singkat menjadi hanya sekitar 6 jam saja dari sebelumnya sekitar 7 jam dengan menggunakan KA Argo Lawu dan Argo Dwipangga.

Sementara perjalanan menggunakan KA Argo Wilis rute Bandung - Surabaya Gubeng (PP) lebih cepat 48 menit, sehingga waktu tempuhnya menjadi 9 jam 55 menit.

Sedangkan Argo Bromo Anggrek rute Gambir - Surabaya Pasar Turi (PP) setelah pada 1 Juni 2021 telah dikurangi 14 menit, kali ini kembali dikurangi 19-20 menit sehingga kini waktu tempuhnya menjadi 8 jam 10 menit.

Percepatan waktu tempuh juga dilengkapi dengan fasilitas wifi gratis di dalam kereta.

“Dengan Wifi gratis, pelanggan tetap dapat beraktivitas seperti bekerja, mengakses konten hiburan, dan berkomunikasi selama dalam perjalanan,” beber Didiek.

Lebih lanjut Didiek menegaskan, pelanggan perjalanan kereta api jarak jauh ini harus sudah mendapat vaksin minimal dosis pertama.

Pelanggan harus menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau Rapid Test Antigen maksimal 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan. KAI sendiri menyediakan 64 stasiun yang melayani Rapid Test Antigen seharga Rp 45.000.

Bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Baca juga: Proyek LRT Molor Bikin Biaya Bengkak, KAI Bakal Dapat PNM Rp 2,7 Triliun

"Pelanggan dengan usia di bawah 12 tahun masih tidak diperkenankan melakukan perjalanan dengan Kereta Api. Pelanggan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam), dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius," pungkasnya.

Berikut ini daftar KA yang mengalami percepatan waktu tempuh mulai 24 September

1. Argo Bromo Anggrek (1B) rute Surabaya Pasar Turi - Gambir. Waktu perjalanan hanya 8 jam 30 menit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com