Kompas.com - 26/09/2021, 09:31 WIB
Jalur kereta cepat Tokaido Shinkansen di Jepang yang menjadi jalur kereta api berkecepatan tinggi pertama di dunia. Wikimedia Commons/TansaisukettiJalur kereta cepat Tokaido Shinkansen di Jepang yang menjadi jalur kereta api berkecepatan tinggi pertama di dunia.

KOMPAS.com - Di banyak negara, penetapan upah minimum selalu menarik perhatian. Ini karena kebijakan upah minimum menyangkut hajat hidup orang banyak, baik pengusaha, pekerja, maupun keluarganya.

Sebagaimana yang ada di Indonesia, sejumlah negara maju juga menggunakan skema upah minimum per wilayah, Jepang salah satunya.

Berapa upah minimum atau UMR buruh di Jepang?

Jepang mempunyai ketentuan mengenai upah minimum, yang pada dasarnya selalu diperbarui setiap tahun. Setiap daerah atau prefektur memiliki tingkat upah minimum upah yang berbeda-beda.

Baca juga: Rincian UMR Surabaya 2021 dan 37 Daerah Lain di Jawa Timur

Namun secara rata-rata nasional, UMR Jepang saat ini adalah berkisar 900 yen (¥) atau Rp 116.400 per jam (kurs Rp 129).

Dikutip dari Nikkei Asia, pada tahun ini, sebuah komite pemerintah Jepang yang mengurusi masalah ketenagakerjaan mengusulkan kenaikan upah minimum Jepang sebesar 28 yen per jam pada 2022.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Artinya, secara rata-rata upah minimum Jepang mengalami menjadi 930 yen per jam. Jepang sendiri merupakan negara yang menggunakan standar upah per jam.

Kenaikan upah sebesar itu merupakan usulan kenaikan tertinggi. Sebelumnya, rekor kenaikan upah minum tertinggi adalah pada tahun 2019, di mana pemerintah Jepang memutuskan kenaikan upah minimum 27 yen per jam.

Baca juga: Rincian UMR Bandung 2021 dan 26 Daerah Lain di Jawa Barat

Sejauh ini, Tokyo menjadi prefektur dengan upah minimum tertinggi di Jepang, yakni sebesar 1.041 yen atau jika dirupiahkan sebesar Rp 134.600 per jam apabila usulan kenaikan UMR berlaku. 

Prefektur Kochi dan Okinawa masing-masing memiliki akan memiliki UMR terendah di Jepang, yakni di sekitar 820 yen atau setara Rp 106.000 per jam.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.