Mentan Pastikan Kecukupan Pasokan Jagung ke Perusahaan Pakan Ternak

Kompas.com - 28/09/2021, 12:11 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat melakukan kunjungan ke PT Pupuk Kaltim, Jumat (10/9/2021).
DOK. Humas Kementan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat melakukan kunjungan ke PT Pupuk Kaltim, Jumat (10/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengunjungi dua pabrik pakan ternak yang ada di Banten, Senin (27/8/2021) kemarin.

Dua lokasi itu adalah PT Japfa Comfeed dan PT Charoen Pokphand (CP) Indonesia.

Di sana, Mentan yang didampingi jajarannya memastikan dua perusahaan tersebut menyerap jagung dari petani dan stoknya tercukupi.

Baca juga: Soal Jagung, Jokowi Minta Mentan Cek ke Lapangan

Syahrul bilang, setelah melihat langsung unit pengolahan yang ada, dalam setahun CP membeli sebanyak 2,5 juta ton jagung dari petani.

"Dan tadi kita coba cek semua proses yang ada di sini, mulai dari penerimaan sampai tracing dari mana jagung itu didapatkan, dan semua berjalan normal," ujar dia dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Sementara itu, stok jagung yang dimiliki Charoen Pokphand diperkirakan cukup bertahan untuk 42 hari. Setelah itu, mereka akan membeli jagung lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mentan menilai, tidak ada gangguan antara ketersediaan dengan pihak-pihak pembeli.

"Memang ada delay time panen raya yang memungkinkan terjadinya perebutan stocking antara pedagang dan pengepul, dan dinamika itu menyebabkan kontraksi pada harga," ungkap Syahrul.

Baca juga: Kementan Pastikan Stok Jagung Aman, Capai 2,75 Juta Ton hingga 20 September 2021

Kementan telah menghitung delay time tersebut terjadi 20 sampai dengan 30 hari. Sehingga, ketika panen raya, diharapkan harga jagung tidak anjlok dan berada pada titik keseimbangannya seperti biasanya.

Stok jagung diperkirakan akan bertambah, pasalnya beberapa sentra jagung memasuki masa panen yang akan berlangsung dari September hingga Oktober 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.