Erick Thohir: Gedung Sarinah akan Punya Ikon Relief Peninggalan Soekarno

Kompas.com - 29/09/2021, 21:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Gedung Sarinah, Jumat (15/1/2021). Dok. Kementerian BUMNMenteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Gedung Sarinah, Jumat (15/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemugaran Gedung Sarinah, Jakarta akan rampung pada akhir 2021 mendatang.

Hal ini diungkapkan mantan bos Inter Milan itu usai meninjau langsung proses renovasi gedung pusat perbelanjaan yang berada di kawasan Jakarta Pusat tersebut.

"Gedung Sarinah yang sarat sejarah bagi Indonesia akan memiliki ikon baru, yakni sebuah relief peninggalan bapak bangsa Ir. Soekarno," tulis Erick dalam akun Instagram pribadinya, @erickthohir, Rabu (29/9/2021).

Baca juga: Mengintip Makna dari Relief di Gedung Sarinah

Erick berkomitmen akan menjadikan Sarinah sebagai pusat produk-produk buatan asli Indonesia. Dia ingin produk dalam negeri bisa bersaing dengan produk luar negeri.

"Tak hanya itu, kami juga berkomitmen menjadikan Sarinah sebagi rumah bagi produk-produk lokal. Saya tentunya akan mendorong agar produk-produk lokal jadi pemenang di negeri sendiri, amin," lanjutnya.

Dia memperkirakan gedung yang sarat akan sejarah itu bisa mulai beroperasi di tahun 2022 mendatang.

"Siapa yang dulu sering ke Sarinah? tunggu launching-nya ya di Maret 2022 mendatang," tutup Erick Thohir.

Baca juga: Erick Thohir Mau Gedung Sarinah Pasca-renovasi Diresmikan Saat Hari Pahlawan

Sebelumnya, Erick Thohir menyebut renovasi besar-besaran Gedung Sarinah akan menelan anggaran senilai Rp 700 miliar dan melibatkan sejumlah perusahaan BUMN lainnya, termasuk PT Wijaya Karya (Persero) yang akan menjadi kontraktornya.

"Saya maunya di situ ada komunitas kesenian. Sabtu-Minggu adalah kesenian kita dimainkan di situ. Bisa pameran lukisan, atau videografik. Culture education community kita jalankan," kata Erick.

"Kurang lebih Rp 700 miliar. Kalau bongkar robohin lebih mahal. Tentu itu di luar ongkos buat operasionalnya jualan. Ada kerja sama dengan BUMN juga, bukan swasta. Beberapa perusahaan BUMN akan ada fokus properti, ritelnya Sarinah," imbuh dia.

Menurut Erick, masyarakat di Indonesia kerap lebih mengapresiasi dunia Barat dibandingkan kualitas negeri sendiri.

Hal itu membuat dia ingin mengubah konsep Nusantara di Sarinah Thamrin ketika rampung direnovasi yang ditargetkan pada November 2021.

Baca juga: Erick Thohir Sedih Lihat Karya Seni di Gedung Sarinah Tak Terawat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.