Kompas.com - 14/10/2021, 19:39 WIB
LEPAS—Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI, Zulkifri melepas trainset LRT Jabodebek ke-31 untuk dikirim ke Jakarta di PT INKA Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (14/10/2021). KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWILEPAS—Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI, Zulkifri melepas trainset LRT Jabodebek ke-31 untuk dikirim ke Jakarta di PT INKA Kota Madiun, Jawa Timur, Kamis (14/10/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Transportasi massal berupa Lintas Rel Terpadu (LRT) yang menghubungkan beberapa kota, meliputi Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) masih terus dipercepat pembangunannya. LRT Jabodebek ini ditargetkan beroperasi pada pertengahan Agustus 2022.

Untuk mencapai target tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), PT Kereta Api Indonesia (PT KAI), PT LRT, PT Industri Kereta Api (PT INKA), PT LEN Industri, dan PT Adhi Karya melakukan pelepasan rangkaian kereta atau train set ke-31.

Dalam pelepasan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat karena sudah berusaha untuk menjadikan LRT sebagai alternatif moda transportasi.

"Saya senang sekali dengan adanya kerja sama antara Kementerian Perhubungan, KAI, LRT, INKA, LEN, dan Adhi Karya yang sudah selalu berkoordinasi dan akhirnya mampu menyelesaikan train set ke-31 ini. Terus jaga solidaritas dan semangat dalam pengujian LRT selanjutnya, karena tantangannya akan memiliki kesulitan yang lebih tinggi," ucapnya secara virtual, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Tak Terima Ditagih Utang BLBI Rp 3,5 Triliun, Besan Setya Novanto Gugat Pemerintah

Luhut bilang, LRT Jabodebek ini memiliki standar teknologi yang lebih tinggi dari sistem kereta api yang sudah ada di Indonesia. LRT Jabodebek dilengkapi dengan Grade of Automation (GOA) level 3, yang artinya operasi dari kereta akan dilakukan secara otomatis tanpa menggunakan masinis.

"Penggunaan sistem GOA yang sudah terstandarisasi secara internasional dan teruji keamanannya menandakan bahwa kita adalah bangsa yang mampu menyelesaikan masalahnya, dalam hal ini terkait isu transportasi. Kita punya fighting spirit," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia juga berpesan untuk selalu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam urusan pembangunan teknologi transportasi.

"Kualitas manusia perlu kita tingkatkan, agar inovasi teknologi dalam perkeretaapian dapat terus ada. Berbagi ilmu dan menyerap ilmu dalam setiap proses produksi adalah hal yang penting dalam kemajuan industri kereta api kita," pungkasnya.

Dalam agenda pelepasan train tersebut, Direktur Umum PT INKA Budi Noviantoro menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan beberapa kali pengujian train set.

"Kita sudah beberapa melakukan uji coba train set dan kali ini adalah train set dengan sistem GOA tiiga yang nantinya akan kita gunakan untuk LRT Jabodebek. Ini adalah yang paling baik dalam sistem dan teknologinya," katanya.

Baca juga: Erick Thohir Jabarkan Langkah BUMN Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.