Valuasi GoTo Sentuh 30 Miliar Dollar AS, Telkom, Astra, Djarum Diprediksi Raup Untung Besar

Kompas.com - 26/10/2021, 19:05 WIB
Grup GoTo memayungi Gojek, Tokopedia, dan Goto Financial yang beroperasi dengan entitas masing-masing. kompas.comGrup GoTo memayungi Gojek, Tokopedia, dan Goto Financial yang beroperasi dengan entitas masing-masing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Valuasi GoTo Group terus alami kenaikan, seiring dengan pelaksanaan penggalangan dana pra-IPO grup ekosistem digital terbesar Indonesia itu.

Reuters Breaking Views memproyeksikan, setelah dana abadi atau sovereign wealth fund (SWF) milik Uni Emirat Arab melakukan investasi sebesar 400 juta dollar AS, valuasi GoTo Group telah mencapai 32 miliar dollar AS.

"Adanya dana masuk sebagai tambahan modal, tentunya akan menaikkan valuasi GoTo," ujar Head of Investment Research Infovesta Utama, Wawan Hendrayana, dalam keterangannya, Selasa (26/10/2021).

Baca juga: GoTo Kuasai 4,8 Persen Saham Multipolar

Dengan terus meningkatnya valuasi GoTo, investor lama grup tersebut diproyeksi telah mendapatkan keuntungan besar.

Sebagaimana diketahui, sejumlah emiten seperti PT Astra International Tbk (ASII) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), melalui anak perusahaannya Telkomsel, diketahui ikut berinvestasi di GoTo ketika masih dalam entitas Gojek.

Bukan hanya itu, investor lokal lain seperti grup Djarum melalui entitas anak Global Digital Niaga juga berinvestasi di Gojek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Astra, Telkomsel dan Djarum telah berinvestasi ketika valuasi perusahaan teknologi digital terbesar di Indonesia itu masih rendah.

Wawan menyebutkan, Astra mulai berinvestasi sebesar 250 juta dollar AS pada tahun 2018, menanamkan dananya saat valuasi Gojek berkisar 3,5 miliar - 4 miliar dollar AS.

"Sementara di waktu bersamaan nilai investasi Djarum diperkirakan mencapai sekitar 100 juta dollar AS," ujarnya.

Sementara itu, Telkomsel masuk ke Gojek secara bertahap sejak tahun 2020, dimana pada tahap pertama, anak usaha Telkom ini menanamkan investasi sebesar 150 juta dollar AS, kemudian tahap kedua pada 2021 penyertaan bertambah hingga total menjadi sebesar 450 juta dollar AS.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.