10 Tahun Lagi, Semua Bank Diproyeksi Jadi Bank Digital

Kompas.com - 01/11/2021, 06:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan bank digital semakin marak di Tanah Air. Ini selaras dengan pesatnya perkembangan teknologi di sektor perbankan.

Direktur Riset Center of Reform Economic (CORE) Piter Abdullah mengatakan, seiring dengan perkembangan teknologi, bank digital menjadi suatu keniscayaan dalam industri perbankan.

"Mereka yang tidak menyesuaikan akan tertinggal dan kalah bersaing," kata dia, di Bali, dikutip pada Senin (1/11/2021).

Baca juga: Siap Luncurkan Bank Digital, BNI Akuisisi Bank Kecil

Menurut dia, bank digital merupakan era baru dalam industri perbankan. Oleh karenanya, bank besar dinilai perlu berpartisipasi dalam persaingan bank digital.

"Lima sampai sepuluh tahun nanti bank akan menjadi bank digital karena tuntutan," ujarnya.

Meskipun saat ini sejumlah bank telah memantapkan namanya sebagai pemenang di industri perbankan, Piter menilai, kehadiran bank digital menjadi awal persaingan baru di industri tersebut.

"Sekarang ini benar-benar start baru. Persaingan baru di era digital. Ini membuat semua bank bersaing di start yang sama," ucapnya.

Sebagai informasi, mengacu pada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No.12/POJK.03/2021 tentang Bank Umum, bank digital merupakan Bank Berbadan Hukum Indonesia (BHI) yang menyediakan dan menjalankan kegiatan usaha yang utamanya melalui saluran elektronik tanpa kantor fisik selain kantor pusat (KP), atau dapat menggunakan kantor fisik yang terbatas.

Baca juga: Tak Ingin Bank Digital Cuma Gimmick, Ini Langkah OJK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.