7 Rahasia agar Tetap Fokus Kerja di Luar Kantor

Kompas.com - 01/11/2021, 14:40 WIB

KOMPAS.com - Zaman sekarang, bekerja bisa dari mana saja. Tidak harus datang ke kantor, duduk di depan layar komputer selama delapan jam penuh.

Gaya bekerja seperti itu sudah mulai banyak ditinggalkan. Terutama perusahaan-perusahaan start up yang pekerjanya didominasi anak muda, seperti generasi milenial dan generasi Z.

Generasi tersebut menyukai fleksibilitas. Tidak kaku. Bekerja bisa dari luar kantor, seperti kafe, mal, taman, perpustakaan umum, atau tempat yang sudah menjamur beberapa tahun terakhir ini, yaitu coworking space.

Yang penting kan output atau pekerjaan yang dihasilkan tidak mengurangi kualitas maupun kuantitas seperti bekerja di kantor.

Tetapi namanya bekerja di luar kantor, pasti ada saja gangguan yang muncul. Entah itu suara orang ngobrol, ngerumpi, suara bising kendaraan, pengunjung lalu lalang, atau lainnya.

Gangguan-gangguan ini yang bisa menyebabkan kamu kehilangan fokus atau konsentrasi selama bekerja. Pekerjaan malah terbengkalai.

Target menyelesaikan tugas, justru meleset karena macam-macam gangguan yang menimbulkan distraksi. Oleh karena itu, ini tips agar kamu fokus kerja di luar kantor, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Buat rencana kerja

Malam hari atau sebelum berangkat bekerja di luar kantor, sebaiknya kamu membuat rencana kerja dalam satu hari. Tugas atau pekerjaan apa yang ingin kamu selesaikan di hari itu.

Utamakan tugas yang deadline-nya sudah dekat. Jadi, begitu sampai di lokasi, kamu bisa langsung memulai bekerja tanpa perlu berpikir lagi apa yang mau dikerjakan.

Semua rencana sudah ada di kepala. Tinggal merealisasikannya, sehingga pergerakan bisa lebih cepat. Semakin cepat mengerjakan, semakin cepat pula selesai.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.