Begini Cara Membayar Shopee PayLater Agar Tidak Kenda Denda

Kompas.com - 09/11/2021, 19:18 WIB
Shopee PayLater adalah skema pembelian produk dengan mencicil. Berapa bunga Shopee PayLater? ShopeeShopee PayLater adalah skema pembelian produk dengan mencicil. Berapa bunga Shopee PayLater?
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - SPayLater atau Shopee PayLater adalah salah satu pilihan pembayaran di e-commerce Shopee.

Seperti kartu kredit, bila Anda memilih Shopee PayLater sebagai opsi pembayaran ketika belanja di Shopee, Anda akan mendapatkan tagihan.

Shopee Paylater memberikan pinjaman kepada pembeli di e-commerce Shopee untuk kemudian pinjaman tersebut dibayar sesuai dengan pilihan waktu cicilan, mulai dari tiga hingga 12 bulan.

Namun demikian, untuk bisa menggunakan layanan ini, terdapat syarat yang harus dipenuhi oleh akun pengguna Shopee, yakni harus terdaftar dan terverifikasi, akun sudah berusia minimal tiga bulan, sering digunakan untuk bertransaksi, dan harus sudah update ke aplikasi Shopee terbaru.

Baca juga: Apa Itu Suspensi Saham? Berikut Pengertian dan Faktor Penyebabnya

Selain itu, Anda juga harus membayar tagihan Shopee PayLater sebelum tanggal jatuh tempo.
Bila tidak, Anda akan dikenai bunga dan harus membayar denda.

Tidak tanggung-tanggung, besaran denda yang dikenakan bila telat membayar Shopee PayLater sebesar 5 persen per bulan dari seluruh total tagihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain denda Shopee PayLater, keterlambatan pembayaran juga akan berdampak pada pembatasan akses fungsi di aplikasi dan penggunaan voucher Shopee.

Selain itu, juga akan berdampak pada peringkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang dapat mencegah Anda untuk mendapat pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain.

Di sisi lain, Anda juga akan sangat mungkin menghadapi penagihan di lapangan yang dilakukan oleh debt collector. Oleh karena itu, bila Anda menggunakan fasilitas Shopee PayLater, pastikan Anda mampu membayar secara tepat waktu.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Yayasan: Pengertian, Dasar Hukum, dan Ciri-ciri

Untuk itu, berikut adalah cara membayar Shopee PayLater agar tidak kena denda dan mendapatkan sanksi lain:

  1. Klik Tab Saya, lalu pilih SPayLater.
  2. Pada Tab Total tagihan bulan ini, Klik Bayar Sekarang Pada Halaman Jumlah yang harus dibayar, Klik Tagihan Bulan Depan
  3. Pada Tab Tagihan Bulan Depan, Klik Bayar Lebih Dulu. Anda hanya dapat melunasi tagihan yang jatuh tempo di 1 bulan berikutnya. Anda tidak dapat langsung melunasi semuanya sekaligus.
  4. Pilih metode pembayaran ShopeePay, Virtual Account, atau Indomaret.
    • Jika Anda memilih metode pembayaran ShopeePay atau Virtual Account, maka tagihan Anda akan otomatis lunas dalam waktu maks. 10 menit setelah pembayaran berhasil. Apabila Anda membayar menggunakan Virtual Account Bank Mandiri, pastikan Anda memilih Penyedia Jasa yang tepat, yaitu SPayLater.
    • Jika Anda memilih metode pembayaran Indomaret, maka tagihan akan lunas setelah Anda selesai melakukan pembayaran di gerai Indomaret. Pastikan Anda klik Bayar pada halaman utama SPayLater saat Anda sudah berada di gerai Indomaret.
  5. Apabila pembayaran Anda berhasil terverifikasi, Anda akan mendapatkan notifikasi di bagian Keuangan bahwa pembayaran telah diterima dan limit SPayLater Anda akan segera kembali seperti semula.
  6. Mohon menunggu maks. 1x24 jam agar limit SPayLater kembali seperti semula. Namun, jika lebih dari 1x24 jam limit Anda belum berubah atau Anda masih ditagihkan pembayaran, hubungi Customer Service Shopee di sini agar bisa dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BSI

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.