Kompas.com - 10/11/2021, 21:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - AirAsia Group mengangkat Chief Commercial Officer baru yaitu Colin Currie, mantan Managing Director Adidas Asia Pasifik. Colin ditunjuk untuk meningkatkan daya saing pasar lini bisnis baru perusahaan, termasuk airasia Super App beserta layanan e-commerce.

Colin akan berperan dalam mengembangkan strategi yang berfokus pada konsumen berbasis data untuk mengoptimalkan pertumbuhan serta pencapaian target keuangan semua bisnis maskapai dan unit digital yang dimiliki oleh AirAsia.

CEO AirAsia Group Tony Fernandes mengatakan, pihaknya menyambut kedatangan Colin sebagai bagian dari AirAsia. Colin dianggap memiliki banyak pengalaman dari perusahaan global sebelumnya yang juga berfokus pada ASEAN.

Baca juga: AirAsia Pesan 362 Pesawat A321neo, Tony Fernandes: Kami Siap Kembali Lebih Kuat

"Kami berharap beliau dapat mendorong integrasi data dalam AirAsia Group untuk mempercepat pertumbuhan pendapatan dan menciptakan sinergi baru di proyek-proyek terbaru kami," ungkap Tony dalam keterangannya, Rabu (10/11/2021).

Colin memiliki sejumlah pengalaman dan capaian yang diraih di perusahaan sebelumnya. Saat di Adidas, Colin membawahi pasar China, Korea Selatan, Jepang, serta negara-negara Asia Tenggara dan Pasifik.

Colin berperan menjadikan Adidas sebagai salah satu merek konsumen paling ternama di kawasan Asia Pasifik. Ia pun telah meningkatkan pendapatan perusahaan lima kali lipat di pasar China.

Selain itu, juga disebut telah menaikkan pangsa pasar dari posisi keempat menjadi pemimpin pasar dengan bersaing secara head-to-head. Colin juga diakui atas perannya menyempurnakan model operasional brand.

Maka dengan bergabungnya Colin di AirAsia diharapkan bisa mempercepat pertumbuhan pendapatan perusahaan dengan menerapkan strategi yang berfokus pada konsumen.

Selain itu juga bisa mendorong pencapaian target 50 persen pendapatan AirAsia Group dari bisnis digital pada 2025. Serta mampu mengangkat posisi AirAsia Group sebagai brand gaya hidup dan perjalanan terkemuka di dunia.

"Pengangkatan Colin ini menunjukan sikap AirAsia bahwa kita akan segera keluar dari Covid. Ini juga sebagai pembuktian terhadap brand kami, terlepas dari masalah yang ada, dengan bergabungnya orang-orang hebat dalam perjalanan kami ke depannya," ungkap Tony.

Sementara itu, Colin menyatakan, dirinya senang bisa bergabung dengan AirAsia Group untuk membantu menggerakkan kinerja brand dan penjualan, khususnya untuk lini baru bisnis digital, menggunakan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya.

Menurut dia, dirinya selalu memantau perkembangan yang terjadi pada AirAsia dan meyakini bisa berkontribusi terhadap perusahaan yang sedang berevolusi ke era digital.

"Saya yakin bersama dengan tim yang penuh semangat, kami dapat mempercepat dan memperkuat kesuksesan AirAsia sebagai perusahaan teknologi dan gaya hidup digital terkemuka di ASEAN," kata Colin.

Baca juga: Perusahaan Logistik AirAsia Luncurkan Pesawat Kargo Boeing 737-800

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.