Pemerintah Ajak Calon Investor untuk Berinvestasi di KEK

Kompas.com - 12/11/2021, 20:00 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak para calon investor untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Hal itu disampaikan Airlangga dalam sambutannya yang disampaikan secara virtual di acara Forum Bisnis mengenai Kawasan Ekonomi Khusus yang digelar di Paviliun Indonesia Dubai Expo.

“Saya akan menyambut kehadiran Anda semua di Indonesia, segera bergabung dan jalankan usaha anda di Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia,” ujarnya seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Jakarta, Jumat (12/11/2021).

Pemerintah mengatakan bahwa KEK masih menjadi andalan guna mendistribusikan pertumbuhan ekonomi secara merata di seluruh Indonesia.

Baca juga: Hingga Kuartal III-2021, Antam Kantongi Laba Bersih Rp 1,71 Triliun

Selain itu, pemerintah juga menyebut KEK di Indonesia menawarkan berbagai fasilitas bagi penanaman modal. Mulai dari insentif fiskal seperti tax holiday dan tax allowance hingga insentif nonfiskal seperti.

Adapun hingga tahun 2021, pemerintah telah ditetapkan 19 KEK di seluruh Indonesia. KEK tersebut bergerak di sektor industri manufaktur, pariwisata, hingga ekonomi kreatif.

Airlangga mengatakan bahwa KEK memperluas cakupan industrinya hingga ke skala industri tersier, termasuk Nongsa dan Singhasari yang fokus pada industri digital dan pusat data terpadu, serta Batam Aero Technic yang bergerak pada sektor aeroplane maintenance, repair, and overhaul (MRO).

Hal itu dilakukan seiring dengan disahkannya UU Cipta Kerja,

“Melalui KEK, pemerintah pun berkomitmen membangun iklim investasi yang baik dan memastikan tiga faktor yakni certainty, clarity, and simplicity bagi para investor dan pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya di Indonesia,” ucap Airlangga.

Baca juga: Bukalapak Luncurkan Aplikasi BukuMitra, Apa Itu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.