Elon Musk Kembali Jual Saham Tesla Rp 17,04 Triliun

Kompas.com - 14/11/2021, 13:49 WIB
Dalam foto yang diambil Senin, 7 Januari 2019, dan dirilis oleh Xinhua News Agency, CEO Tesla Elon Musk menghadiri upacara peletakan batu pertama pabrik Tesla Shanghai di Shanghai, China. DING TING/XINHUA via APDalam foto yang diambil Senin, 7 Januari 2019, dan dirilis oleh Xinhua News Agency, CEO Tesla Elon Musk menghadiri upacara peletakan batu pertama pabrik Tesla Shanghai di Shanghai, China.
Penulis Mutia Fauzia
|


NEW YORK, KOMPAS.com - Elon Musk kembali menjual saham Tesla yang ia miliki dalam rangka untuk memenuhi kewajibannya membawar pajak.

Dilansir dari CNBC, Minggu (14/11/2021), CEO Tesla sekaligus SpaceX tersebut menjual saham Tesla sebesar 1,2 juta saham dengan rata-rata harga saham sebesar 1.030 dollar AS per saham.

Dengan demikian, ia menjual saham Tesla pada perdagangan akhir pekan kemarin mencapai 1,2 miliar dollar AS atau sekitar Rp 17,04 triliun (kurs Rp 14.200).

Dengan demikian, secara keseluruhan, total saham yang ia jual sejak sepekan ini mencapai 6,4 juta saham dengan nilai mencapai 6,9 miliar dollar AS.

Namun demikian, jumlah tersebut hanya setara dengan 4 persen dari total saham Tesla yang ia miliki. Atau, bila memperhitungkan total opsi saham yang dipegang oleh Musk, maka total saham Tesla yang dia jual tersebut senilai kurang dari 3 persen.

Baca juga: Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp 71 Triliun untuk Bayar Pajak

Pekan lalu, Musk sempat mengunggah cuitan berisi jajak pendapat di Twitter yang menanyakan apakah ia harus menjual 10 persen dari kepemilikan sahamnya untuk meningkatkan kemampuannya dalam membayar pajak.

Dari jajak pendapat tersebut, sebanyak 58 persen orang yang merespon memilih setuju.

Penjualan saham Tesla oleh Elon Musk telah menekan nilai saham Tesla bagi pemegang saha, termasuk ia sendiri yang masih menjadi pemegang saham terbesar.

Pada perdagangan akhir pekan kemarin, saham Tesla merosot 189 dollar AS per saham atau hingga 15,4 persen.

Hasil jajak pendapat Twitter tersebut bukan satu-satunya alasan Musk melakukan penjualan sahamnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.