Mengapa Negara Singapura Lebih Berfokus pada Perdagangan dan Industri?

Kompas.com - 27/11/2021, 17:35 WIB
Perairan Singapura termasuk yang tersibuk di dunia. REUTERS/GAVIN MAGUIRE via ABC INDONESIAPerairan Singapura termasuk yang tersibuk di dunia.


JAKARTA, KOMPAS.com - Jelaskan mengapa negara Singapura lebih berfokus pada perdagangan dan industri! Kalimat perintah ini kerap mucul di kalangan pembaca terkait perekonomian negara Singapura.

Mengapa Singapura perekonomian negaranya hanya mengandalkan dari industri perdagangan dan jasa? Mengapa penduduk negara Singapura lebih banyak pekerjaan di bidang jasa dan industri?

Itulah pertanyaan-pertanyaan serupa yang juga sering mencuat, termasuk terkait mengapa negara Singapura perekonomiannya menitikberatkan pada bidang industri perdagangan dan pariwisata.

Baca juga: Pahami 17 Subsektor Ekonomi Kreatif Indonesia Beserta Contohnya

Tak bisa dipungkiri, Singapura merupakan salah satu pusat perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Tidak hanya itu, Singapura juga dijuluki Macan Asia karena kekuatan ekonominya.

Dalam bidang keuangan, Singapura menjadi pusat keuangan nomor empat di dunia. Maka tidak mengherankan, sekitar 6,1 persen penduduknya bekerja di bidang keuangan atau perbankan.

Penduduk Singapura mayoritas berasal dari Cina, Melayu, India, serta keturunan Asia lainnya. Sekitar 42 persen penduduknya merupakan pekerja asing dan pelajar atau mahasiswa.

Bank Dunia mencatat sekitar 17 persen penduduk Singapura bekerja di sektor industri (pabrik) dan 12,4 persen penduduk lainnya bekerja di bidang jasa.

Baca juga: Apa Saja Struktur Organisasi Perusahaan? Ini Contoh dan Fungsinya

Singapura juga memainkan peran yang sangat penting dalam perekonomian dunia, seperti perdagangan, sektor pariwisata, dan lain sebagainya.

Praktis, banyak yang penasaran untuk menjawab pertanyaan apa yang menyebabkan negara Singapura lebih berfokus pada bidang perdagangan dan industri.

Ragam industri andalan Singapura

Dalam bidang perekonomian, Singapura merupakan negara maju yang sangat mengandalkan sektor industri sebagai kegiatan ekonominya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.