Kementan Optimalkan Pasar Mitra Tani untuk Amankan Pasokan Bahan Pokok Jelang Natal dan Tahun Baru

Kompas.com - 30/11/2021, 17:31 WIB
Pengunjung berbelanja di salah satu lapak di Pasar Mitra Tani (PMT) Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (22/4/2021). ANTARA/Dewa WigunaPengunjung berbelanja di salah satu lapak di Pasar Mitra Tani (PMT) Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (22/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian mengoptimalkan peran Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center untuk mengantisipasi gangguan pasokan jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy mengatakan, pihaknya sejak bulan November 2021 telah aktif melakukan berbagai kegiatan dalam upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan.

"Kita tentu berharap momentum perayaan Natal dan Tahun Baru ini dapat dilalui dengan aman dan terkendali, Pasar Mitra Tani atau Toko Tani Indonesia Center di seluruh provinsi kita optimalkan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan," ujar Sarwo Edy dalam siaran resminya, Selasa (30/11/2021).

Baca juga: Jelang Nataru, Kemendag Klaim Stok Bahan Pokok Aman

Sarwo Edhy menuturkan, strategi inti adalah dengan memotong jalur distribusi, sehingga harga di PMT/TTIC selalu di bawah harga pasar.

Sementara itu Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan Risfaheri mengatakan, melalui Toko Tani, masyarakat bisa membeli bahan pangan dengan mudah dan harganya juga cenderung murah dibandingkan harga pasar.

"Selain itu, tidak perlu kawatir karena stok komoditas pangan cukup sampai akhir tahun," kata Risfaheri.

Untuk meningkatkan akses dan pelayanan serta kemudahan belanja masyarakat, Toko Tani tidak hanya melayani pembelian langsung ke outlet, tetapi juga dapat diakses secara online melalui berbagai platform aplikasi seperti PasTani, GoFood, GoMart, Grab Mart dan Mitra Bukalapak.

Lebih lanjut, Risfaheri juga menegaskan akan terus melakukan upaya koordinasi dengan pemerintah daerah dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan dalam menyambut perayaan HBKN Nataru.

Baca juga: Riset: Dana Bansos Dipakai Buat Beli Bahan Pokok hingga Rokok

"Seperti arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, kita terus memantau dan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan bersama teman-teman Dinas Pangan di daerah, termasuk dengan stakeholder lainnya," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.