Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/12/2021, 15:14 WIB
Nur Jamal Shaid,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Negara Indonesia Tbk atau BNI memberikan kemudahan bagi calon nasabahnya yang ingin membuka rekening secara daring. Bagaimana cara buka rekening BNI online?

Cara membuka rekening BNI online bisa dilakukan tanpa harus pergi ke kantor cabang. Anda cukup mengunduh aplikasi BNI Mobile melalui PlaySore maupun AppStore menggunakan smartphone. Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk-petunjuk berikutnya.

Selain tidak perlu datang ke kantor cabang, membuka rekening bank BNI online juga punya keunggulan dibanding bank lainnya. Misalnya dalam hal video call dengan petugas bank untuk verifikasi data. Hal tersebut tidak diperlukan ketika membuka rekening BNI secara online.

Baca juga: Simak Daftar Pedagang Aset Kripto yang Terdaftar di Bappebti

Calon nasabah yang membuka rekening BNI online cukup melakukan selfie untuk verifikasi data. Nasabah bisa langsung transaksi setelah aktivasi BNI Mobile Banking.

Ada beberapa jenis tabungan yang bisa dipilih nasabah saat buka rekening BNI online. Pilihan tersebut yaitu Tabungan BNI Taplus, BNI Taplus Muda, dan BNI Taplus Bisnis atau lebih dikenal dengan istilah Tabungan Digital.

cara buka rekening BNI online mudah dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile BankingKOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY cara buka rekening BNI online mudah dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile Banking

Dikutip dari laman resminya, bni.co.id, Minggu (5/12/2021), Tabungan Digital adalah salah satu fitur yang BNI sediakan untuk memudahkan calon nasabahnya. Anda bisa buka rekening BNI online dengan memakai smartphone.

Cara buka rekening BNI online

Berikut cara buka rekening BNI online melalui aplikasi BNI Mobile banking:

Baca juga: Hanya Modal Smartphone, Begini Cara Buka Toko di Shopee

  • Pertama, unduh dan buka aplikasi BNI Mobile Banking.
  • Buka Aplikasi BNI Mobile Banking, lalu klik "Buka Rekening BNI".
  • Pilih "Pembukaan Rekening BNI Taplus".
  • Mulai pembukaan tabungan dengan klik "Daftar".
  • Siapkan e-KTP serta NPWP (bila ada), serta kertas putih dan alat tulis untuk melakukan tanda tangan
  • Isi NIK, tanggal lahir dan input kode referral (bila ada)
  • Isi data diri hingga menyelesaikan proses selfie
  • Anda akan mendapatkan nomor rekening dan nomor kartu debit virtual
  • Rekening Anda telah aktif, namun Anda perlu untuk melakukan aktivasi BNI Mobile Banking untuk melakukan transaksi
  • Setelah aktivasi BNI Mobile Banking, ada perlu segera melakukan setoran awal sesuai dengan yang telah dipersyaratkan untuk menghindari rekening tertutup otomatis oleh sistem

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat buka rekening BNI online. Ini bertujuan agar proses pembukaan rekening BNI lancar.

Baca juga: Pastikan Layanan Lancar, TelkomGroup Lakukan Rerouting Jaringan di Lumajang dan Sekitarnya usai Semeru Erupsi

Pertama harap memastikan kondisi jaringan internet dalam keadaan stabil (4G) atau bisa menggunakan jaringan wifi. Selain itu, calon nasabah juga harus memiliki pulsa SMS untuk proses OTP.

Proses pembukaan rekening disarankan menggunakan browser Google Chrome untuk smartphone Android atau Safari untuk smartphone Apple.

Sementara itu, pembukakan rekening dengan cara ini hanya dapat dilakukan 1 kali untuk setiap NIK. Selanjutnya bila akan menambah rekening tabungan lagi, maka dapat dilakukan melalui BNI Mobile Banking.

Berikut cara buat rekening BNI online baru bagi yang sudah menjadi nasabah BNI:

  • Masuk pada akun BNI Mobile Banking lalu pada halaman utama pilih menu "Rekeningku".
  • Buka Rekening DigitalBuka Rekening Digital
  • Lalu pilih menu "Pembukaan Rekening".
  • Buka Rekening DigitalBuka Rekening Digital
  • Lanjutkan dengan memilih menu "Taplus". Anda juga dapat membuka deposito dan tabungan perencanaan masa depan di BNI Mobile Banking.

cara buka rekening BNI online mudah dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile BankingDok. BNI cara buka rekening BNI online mudah dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile Banking

Setoran Awal Tabungan BNI

BNI Taplus

Setoran awal minimal Rp 500.000 di wilayah Jabodetabek dan Rp 250.000 untuk di luar Jabodetabek. Selain itu, minimum saldo di rekening sebesar Rp 150.000.

Baca juga: Pastikan Layanan Lancar, TelkomGroup Lakukan Rerouting Jaringan di Lumajang dan Sekitarnya usai Semeru Erupsi

BNI Taplus Bisnis

Setoran awal minimal Rp 1 juta dengan biaya adminsitrasi Rp 10.000 per bulan.

BNI Taplus Muda

Setoran awalnya Rp 100.000 dan dana mengendap sebesar Rp 50.000.

Itulah informasi tentang cara buka rekening BNI online melalui aplikasi BNI Mobile Banking. Secara umum, cara buka rekening BNI online terbilang mudah dan cepat. Selain itu, calon nasabah tidak perlu melakukan video call untuk verifikasi data.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com