Turun, Utang Luar Negeri Indonesia Jadi 422,3 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 14/12/2021, 10:50 WIB
Ilustrasi uang. [Via Shutterstock] ShutterstockIlustrasi uang. [Via Shutterstock]

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan, posisi utang luar negeri (ULN) Indonesia sampai dengan akhir Oktober 2021 sebesar 422,3 miliar dollar AS.

Posisi tersebut turun 3,8 persen dibandingkan posisi ULN bulan sebelumnya, yakni sebesar 423,8 miliar dollar AS.

Meskipun demikian, posisi ULN Oktober 2021 mengalami kenaikan sebesar 2,2 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, menurunnya posisi ULN secara bulanan disebabkan oleh penurunan posisi ULN pemerintah dan sektor swasta.

Baca juga: Pemerintah Buka Opsi Tarik Utang Lebih Cepat pada Tahun Depan

Tercatat ULN pemerintah pada Oktober 2021 sebesar 204,9 miliar dollar As, lebih rendah dari bulan sebelumnya sebesar 205,5 miliar dollar AS.

"Hal ini menyebabkan perlambatan pertumbuhan ULN Pemerintah menjadi sebesar 2,5 persen yoy dibandingkan dengan 4,1 persen yoy pada bulan September 2021," kata Erwin, dalam keterangannya, Selasa (14/12/2021).

Erwin menjelaskan, penurunan posisi ULN tersebut terjadi seiring dengan beberapa seri Surat Berharga Negara (SBN) dan pinjaman yang jatuh tempo di bulan Oktober 2021.

"Pemerintah berkomitmen tetap menjaga kredibilitas dengan memenuhi kewajiban pembayaran pokok dan bunga utang secara tepat waktu, serta mengelola ULN secara hati-hati, kredibel, dan akuntabel," tutur dia.

Bank sentral menilai, posisi ULN pemerintah masih tergolong relatif aman dan terkendali jika dilihat dari sisi refinancing risk jangka pendek, mengingat hampir seluruhnya merupakan ULN dalam jangka panjang dengan pangsa mencapai 99,9 persen.

Sementara itu, posisi ULN swasta hingga akhir Oktober 2021 sebesar 208,4 miliar dollar AS, menyusut dari bulan sebelumnya sebesar 209,2 miliar dollar AS.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.