Menko Airlangga: Vaksinasi Anak Rampung Kuartal I 2022, Sekolah Tatap Muka Dibuka

Kompas.com - 28/12/2021, 15:16 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, vaksinasi anak usia 6-11 tahun perlu difasilitasi hingga mampu selesai pada kuartal I tahun depan.

Mantan menteri perindustrian ini mengatakan, akselerasi vaksin mampu membuat sekolah kembali tatap muka setelah hampir 2 tahun menggunakan metode daring.

"Vaksinasi anak-anak ini bagus untuk dimulai dan ditargetkan pada kuartal pertama tahun depan selesai, sehingga dengan anak-anak divaksin ini diharapkan bisa mulai sekolah tatap muka," kata Airlangga dalam siaran pers, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Menko Airlangga: KUR Terbukti Jadi Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Airlangga menuturkan, sekolah daring selama pandemi Covid-19 membuat keterbatasan bagi para pelajar. Dia tak memungkiri, sekolah di rumah membuat beberapa keahlian (skill) hilang.

Oleh karena itu, vaksinasi perlu diakselerasi. Vaksinasi menjadi salah satu upaya menguatkan imunitas masyarakat, termasuk siswa-siswa.

"Karena selama 2 tahun sekolah daring tentu ada skill yang hilang, terutama untuk sosialisasi, khususnya kehidupan sosial dengan teman-teman sebayanya,” tutur Airlangga.

Baca juga: Menkes: Stok Vaksin Ada 139 Juta Dosis, Cukup Buat 3-4 Bulan

Airlangga mengucapkan, adanya vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun ini meningkatkan laju rata-rata harian vaksinasi di Indonesia. Hingga kini, sekitar 2,32 juta dosis vaksin telah disuntikkan kepada anak usia 6-11 tahun.

Hingga 27 Desember pukul, total vaksinasi dosis 1 tercatat sebanyak 157,2 juta dosis atau 75,50 persen dari target. Sedangkan vaksinasi dosis 2 tercatat sebanyak 111,1 juta dosis atau 53,38 persen dari target.

“Alhamdulillah sekarang target dosis ke dua di atas 40 persen sudah tercapai. Ke depan, sentra vaksinasi yang lebih mobile dibutuhkan agar semua masyarakat bisa segera divaksinasi," tandasnya.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Ada Perbedaan Vaksinasi di Negara Maju dan Berkembang

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.