Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu Inflasi dan jenis-jenis inflasi?

Kompas.com - 10/01/2022, 19:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istilah inflasi erat kaitannya dengan perekonomian dan bisa terjadi pada negara manapun. Apa itu inflasi dan jenis-jenis inflasi yang bisa terjadi di suatu negara?

Inflasi adalah dapat dilihat secara positif dan negatif tergantung pada sudut pandang masing-masing orang.

Bagi orang yang memiliki banyak properti dan investasi memandang inflasi sebagai hal positif karena inflasi meningkatkan nilai asetnya. Namun bagi masyarakat biasa,  apa itu inflasi dipandang negatif karena harga barang atau jasa semakin mahal dan sulit dijangkau.

Pengertian inflasi umumnya diartikan sebagai naiknya harga barang atau jasa pada suatu negara. Jenis-jenis inflasi adalah bisa terjadi di negara manapun, Indonesia juga pernah mengalami inflasi pada 1998 yang menyebabkan krisis moneter.

Apa pengertian inflasi dan jenis-jenis inflasi?

Baca juga: Apa Itu Afiliasi Pemasaran dan Jenisnya?

Apa itu inflasi

Menurut Bank Indonesia, apa itu inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.

Namun tidak dapat dikatakan pengertian inflasi, jika kenaikan harga hanya terjadi pada satu atau dua barang saja. Kecuali jika kenaikan harga satu atau dua barang tersebut menyebabkan kenaikan harga barang lainnya.

Indeks inflasi yang paling umum digunakan adalah Indeks Harga Konsumen (IHK) dan Indeks Harga Grosir (IHG). Indonesia menggunakan IHK yang dihitung oleh BPS untuk mengetahui tingkat inflasi negara.

Apa saja jenis-jenis inflasi?

Mengutip Investopedia, inflasi adalah dapat diartikan sebagai penurunan daya beli mata uang tertentu dari waktu ke waktu. Akibatnya, tingkat umum harga barang dan jasa meningkat.

Baca juga: Pengertian Insentif di Sektor Perpajakan

Penurunan daya beli tercermin pada peningkatan harga rata-rata dari barang dan jasa dalam beberapa periode waktu. Harga barang dan jasa bisa berupa bahan makanan, bahan bakar, listrik, transportasi, layanan kesehatan, hingga tenaga kerja.

pengertian inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.PIXABAY pengertian inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu.

Apa itu inflasi bertujuan mengukur seluruh dampak perubahan harga untuk serangkaian barang dan jasa yang terdiversifkasi dalam suatu perekonomian selama periode waktu tertentu.

Sebelum membahas jenis-jenis inflasi, berikut pengertian inflasi dari para ahli, dikutip dari Gramedia Blog:

  • Pengertian inflasi menurut Marcus adalah sebuah nilai saat tingkat dari harga barang atau jasa umumnya sedang mengalami kenaikan.
  • Dwi Eko Waluyo mendefinisikan inflasi adalah Salah satu bentuk dari penyakit ekonomi yang sering terjadi dan dialami negara manapun. Kecenderungan akan kenaikan harga pada umunya dan terjadi secara terus menerus.
  • Menurut Nordhaus dan Samuelson, apa itu inflasi adalah suatu keadaan dari kenaikan harga pada umumnya.

Baca juga: Pengertian Pajak serta Bedanya dengan Retribusi

Jenis-jenis inflasi

Apa itu inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Jenis-jenis inflasi adalahfreepik.com/pch.vector Apa itu inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Jenis-jenis inflasi adalah

Melansir Gramedia Blog, jenis-jenis inflasi adalah dibagi menjadi beberapa hal, yaitu inflasi berdasarkan asalnya, inflasi berdasarkan besar pengaruhnya terhadap harga, dan inflasi berdasarkan tingkat keparahannya.

Jenis-jenis inflasi berdasarkan asalnya dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Pengertian inflasi berasal dari dalam negeri yang terjadi akibat kebijakan yang diambil di dalam negeri.
  • Apa itu inflasi berasal dari luar negeri, yaitu inflasi yang terjadi akibat naiknya harga barang impor sehingga menyebabkan naiknya harga.

Jenis-jenis inflasi berdasarkan besarnya pengaruh terhadap harga dibagi menajdi dua, yaitu:

  • Apa itu inflasi tertutup atau closed inflation, yaitu jika inflasi hanya berkaitan dengan satu atau dua barang atau jasa tertentu.
  • Pengertian inflasi terbuka atau open inflation, yaitu inflasi adalah yang terjadi pada shampir smeua barang secara umum.

Baca juga: Kelemahan dan Ciri-Ciri Sistem Ekonomi Tradisional

Jenis-jenis inflasi adalah berdasarkan tingkat keparahannya dibagi menjadi empat, yaitu:

  • Pengertian inflasi ringan, yaitu inflasi yang mudah dikendalikan dan belum mengganggu perekonomian. Kenaikan harga barang dan jasa di bawah 10 persen per tahun.
  • Apa itu inflasi sedang, yaitu inflasi yang dapat menurunkan tingkat kesejahteraan masyarakat berpenghasilan tetap, tapi belum membahayakan aktivitas perekonomian. Kenaikan inflasi adalah di kisaran 10-30 persen per tahun.
  • Pengertian inflasi tinggi, yaitu inflasi yang mengakibatkan harga naik hingga 5-6 kali lipat. Diikuti dnegan perputaran uang yang semakin cepat.
  • Apa itu inflasi sangat tinggi atau hyperinflation, yaitu inflasi yang terjadi sedemikian hebatnya sheingga harga-harga terus naik dan membuat masyarakat tidak bisa menahan uangnya lebih lama. Inflasi ini menyebabkan nilai mata uang terus merosot. Kenaikan inflasi adalah di kisaran 100 persen ke atas per tahun.

Kesimpulannya, pengertian inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus-menerus dalam jangka waktu tertentu. Jenis-jenis inflasi adalah dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu inflasi berdasarkan asalnya, inflasi berdasarkan besar pengaruhnya terhadap harga, dan apa itu inflasi berdasarkan tingkat keparahannya.

Baca juga: Pasar Monopoli: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh di Indonesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com