Daerah dengan Populasi Ternak Kambing dan Domba Terbesar di Indonesia

Kompas.com - 17/01/2022, 13:56 WIB


JAKARTA. KOMPAS.com – Daerah persebaran kambing di Indonesia bisa jadi acuan untuk mengetahui daerah dengan peternakan kambing terbesar di Indonesia.

Buku Outlook Komoditas Peternakan Kambing/Domba yang diterbitkan Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun 2020 mengungkap populasi ternak kambing di Indonesia.

Tak hanya berisi data populasi kambing di Indonesia, buku tersebut juga bisa dijadikan acuan bagi yang mencari informasi seputar peternakan domba terbesar di Indonesia.

Baca juga: Ini Daerah yang Memiliki Populasi Sapi Potong Terbesar di Indonesia

Artikel ini akan mengulas informasi seputar daerah persebaran kambing di Indonesia yang dikutip dari buku tersebut, termasuk soal peternakan kambing terbesar di Indonesia.

Populasi kambing di Indonesia

Disebutkan bahwa perkembangan populasi kambing dan domba di Indonesia selama periode tahun 1983-2020 menunjukkan trend peningkatan dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 2,42 persen per tahun.

Peningkatan populasi cukup signifikan selama periode 2011-2020 yakni dengan rata-rata 3,12 persen per tahun.

Populasi kambing tahun 2011 sebesar 16,95 juta ekor menjadi 19,10 juta ekor, sementara populasi domba dari 11,79 juta ekor menjadi 17,77 juta ekor.

Baca juga: Daftar Negara dengan Jumlah Populasi Sapi Terbesar di dunia

Daerah peternakan kambing dan domba terbesar

Berdasarkan data rata-rata tahun 2016-2020 yang bersumber dari Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, sentra utama untuk populasi kambing dan domba di Indonesia berada di 5 provinsi.

Dengan begitu peternakan domba terbesar di Indonesia juga berada di 5 provinsi tersebut, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara dan Banten.

Provinsi-provinsi yang juga menjadi daerah peternakan kambing terbesar di Indonesia tersebut memberikan kontribusi kumulatif hingga 75,99 persen dari total populasi kambing dan domba di Indonesia.

Baca juga: Daftar Negara Penghasil Daging Sapi Terbesar di Dunia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.