Masih Khawatir Investasi Emas Digital? Bappebti Pastikan Fisik Emasnya Ada

Kompas.com - 17/01/2022, 21:00 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Modern ini, kepemilikan emas tidak hanya terbatas pada kepemilikan fisik, tetapi juga sudah bisa didapatkan secara digital. Walaupun diperdagangkan secara digital, fisik emas dipastikan tetap ada.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) menyatakan, fisik atau batangan dari emas digital disimpan di lembaga penjaminan.

Oleh karenanya, Kementerian Perdagangan menjamin, perdagangan fisik emas digital ini mudah, aman, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga: Bappebti: Baru 2 Pedagang Emas Digital Berizin, yang Lain Antre Dapat Izin

Melalui perdagangan fisik emas digital ini, Bappebti berkomitmen menciptakan sarana berinvestasi yang mudah, aman, dan terjangkau bagi masyarakat serta memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan industri perdagangan fisik emas digital melalui bursa berjangka,” kata Plt Kepala Bappebti Indrasari, Wisnu Wardhana, dalam keterangannya, Senin (17/1/2022).

Baca juga: Treasury Kantongo Izin Pedagang Emas Digital dari Bappebti

Wisnu menjelaskan, pihaknya sudah memberikan persetujuan kepada PT Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) dan PT Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI) untuk melakukan kegiatan penyelenggaraan pasar fisik emas digital.

Baca juga: Bursa Berjangka: Pengertian dan Bedanya dengan Bursa Saham

Kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi pasar fisik emas digital

Bappebti juga telah memberikan persetujuan sebagai lembaga kliring dan penjaminan penyelesaian transaksi pasar fisik emas digital kepada PT Kliring Berjangka Indonesia (Persero) dan PT Indonesia Clearing House.

"Adanya bursa dan kliring pada perdagangan fisik emas digital di Indonesia diharapkan mampu memberikan kepastian hukum sekaligus perlindungan bagi masyarakat yang bertransaksi di pasar fisik emas digital di Indonesia. Meskipun diperdagangkan secara digital, emas fisiknya ada di lembaga penjaminan,” tutur Wisnu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.