Apa Itu Virtual Account, Manfaat dan Cara Bayarnya dalam Transaksi Keuangan?

Kompas.com - 22/01/2022, 13:00 WIB
Penulis Aprillia Ika
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda beberapa kali mungkin pernah mendengar mengenai Virtual Account. Di era kemajuan digital saat ini membuat transaksi keuangan menjadi lebih mudah. Virtual Account (VA) merupakan satu inovasi yang lahir dari kemajuan tersebut.

Tapi, apa itu Virtual Account? Bagaimana cara kerjanya? Apa saja jenis Virtual Account yang ada sekarang? Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Virtual Account?

Virtual Account adalah akun/rekening bank yang dibuat secara virtual, dimana umumnya berbentuk kombinasi angka unik, yang dapat digunakan untuk melakukan identifikasi pembayaran.

Saat ini, cukup banyak bank memiliki Virtual Account guna memudahkan identifikasi pembayaran, dimana salah satunya bank yang telah memiliki layanan Virtual Account adalah Bank OCBC NISP.

Baca juga: Biaya Admin dan Cara Mengisi Saldo ShopeePay Lewat Virtual Account

Perbedaan Virtual Account dengan Rekening Biasa

Setelah membahas apa itu Virtual Account, kali ini kita akan membahas perbedaan Virtual Account dan rekening biasa.

Meski sudah ada, Virtual Account adalah konsep baru bagi masyarakat awam. Oleh karena itu, banyak yang menyamakan transaksi Virtual Account dan rekening biasa.

"Padahal ada perbedaan signifikan antara Virtual Account dan rekening biasa lho, yaitu dari sisi cara kerja," ujar Amran Setiawan, Cash Management Division Head Bank OCBC NISP.

"Virtual Account akan jauh lebih memudahkan Anda sebagai penerima dana untuk mengidentifikasi siapa saja yang melakukan pembayaran/transfer ke rekening Anda untuk spesifik tujuan tertentu. Dibandingkan dengan rekening biasa, dimana pembayar biasanya lupa untuk menuliskan keterangan/informasi yang diperlukan oleh Anda," lanjutnya. 

Baca juga: OCBC NISP Sediakan Fitur Virtual Account untuk Koperasi

Manfaat Virtual Account

Virtual Account adalah produk financial technology (fintech) luar biasa yang telah mengubah gaya bertransaksi masyarakat. Ada banyak manfaat Virtual Account bagi para penggunanya, lebih detailnya dijelaskan di bawah ini.

?Transaksi Dapat Dilakukan Dimana & Kapan Saja
Manfaat Virtual Account yang akan kita bahas pertama adalah fleksibilitas transaksi. Dengan adanya VA, Anda tinggal membuka m-banking dan memasukkan kode VA untuk melakukan pembayaran kapan saja (24/7).

?Melayani Segala Jenis Transaksi
Saat ini, berbagai provider Virtual Account telah mengembangkan fitur-fitur inovatif agar transaksi Anda lebih mudah. Sebagian besar layanan VA yang ada saat ini sudah bisa Anda akses di berbagai marketplace dan aplikasi. Sehingga jika Anda ingin membeli produk/menarik dana secara online, Anda tinggal memakai VA.

?Tidak Perlu Konfirmasi Pembayaran
Pengguna tidak perlu susah payah melakukan konfirmasi pembayaran. Akun VA adalah akun khusus satu pengguna. Sehingga tiap nasabah bank yang memiliki VA sudah terdeteksi identitasnya secara otomatis oleh bank, tanpa harus membuktikan pembayaran.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber OCBC NISP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.