Viral Video Kerumunan di Mall Of Indonesia, Ini Penjelasan Manajemen

Kompas.com - 25/01/2022, 17:18 WIB
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video yang menunjukkan masyarakat berkerumun saat acara Animetoku yang turut dihadiri para cosplayer di Mall Of Indonesia (MOI) Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (22/1/2022) menjadi viral di media sosial.

Terkait dengan hal tersebut, Management Mall of Indonesia mengungkapkan, pihaknya telah melakukan koordinasi secara intensif dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), terkait langkah-langkah yang harus dilakukan.

“Sehubungan dengan beredarnya informasi/berita terkait tentang adanya kerumunan di area Mall of Indonesia pada tanggal 22 Januari 2022, maka kami selaku pengelola mall dengan ini menyatakan telah melakukan kordinasi secara intensif dengan Satpol PP, terkait langkah-langkah yang harus dilakukan,” kata manajemen dalam pernyataan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (25/1/2022).

Baca juga: Hindari Kerumunan di Destinasi Unggulan, Sandiaga Uno Perkuat Desa Wisata

Adapun beberapa langkah yang dilakukan menyikapi hal tersebut adalah, dengan memastikan penerapan protokol kesehatan melalui aplikasi PeduliLindungi yang sudah diterapkan di semua akses pintu masuk Mall of Indonesia yang sudah dikonfirmasi oleh tim Satpol PP dan kepolisian.

Kemudian, Mall of Indonesia juga melakukan sistem buka tutup akses masuk pengunjung di beberapa pintu masuk mall, dan melakukan peneguran persuasif oleh tim satgas Covid-19 Mall of Indonesia kepada para pengunjung yang berada di area mall.

“Tim satgas Covid-19 Mall of Indonesia juga melakukan peneguran persuasif kepada para pengunjung yang berada di lantai GF untuk selalu menjaga jarak dan menggunakan masker selama berada di area tersebut,” ungkap manajemen.

Baca juga: Efek BTS Meal, McD Berlakukan Buka Tutup Orderan Online Cegah Kerumunan

Semua kegiatan dibatalkan, MOI berlakukan sistem antrean di area pameran

Mall of Indonesia juga membatalkan seluruh kegiatan yang dijadwalkan dan hanya menjual produk-produk pameran, serta melakukan sistem antrean di area pameran agar tidak menjadi penumpukan konsumen di satu bagian.

“Pada kesempatan ini kami ingin mengucapkan terimakasih untuk pihak kepolisian, Satpol PP, APPBI, dan dinas terkait atas koordinasi yang cepat dan dukungan yang diberikan. Kami akan selalu memprioritaskan keamanan dan kenyamanan pengunjung dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah di seluruh area Mall of Indonesia,” tegas manajemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.