Satgas BLBI Akui Ada Aset Pengemplang yang Balik Lagi ke Pemilik Lama

Kompas.com - 26/01/2022, 14:22 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Rionald Silaban, mengaku ada beberapa aset hasil sitaan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang kembali kepada pemilik lamanya.

Padahal, aset tersebut sebelumnya sudah berada di tangan pemerintah. Hal ini terjadi sebelum Satgas BLBI terbentuk.

"Tadi ada yang disampaikan mengenai pemilik lama kembali menguasai asetnya, itu betul sekali (pernah terjadi)," ungkap Rionald dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi XI DPR RI, Rabu (26/1/2022).

Baca juga: Ragam Tingkah Pengemplang BLBI, Enggan Bayar Utang hingga Jadikan Laut sebagai Jaminan

Adapun untuk menjaga hal ini terjadi, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Satgas BLBI ini bakal lebih selektif melihat pembeli atas aset sitaan.

Nantinya, pembeli perlu menandatangani bahwa tidak ada keterkaitan dengan pemilik lama atau pemilik yang asetnya disita.

"Jadi memang ketika dilakukan penjualan aset baik aset maupun aset kredit, itu ada ketentuan yang ditandatangani bahwa ini tidak terkait pemilik lama," ucap Rio.

Baca juga: Pemalsuan Surat Jaminan BLBI, Mahfud MD: 1 Orang Pegawai Kemenkeu Sudah Dinonaktifkan

Dia pun membuka ruang pengaduan jika masyarakat termasuk anggota DPR RI menemukan informasi yang menyatakan pembeli masih memiliki keterkaitan dengan pemilik lama.

"Jadi manakala masyarakat atau Bapak/Ibu (anggota dewan) punya informasi terhadap hal tersebut, kami sangat terbuka dan tentu ini bisa menjadi sumber pendapatan bagi pemerintah dalam rangka pemerintah menagih kembali haknya," tandas Rio.

Baca juga: Pemerintah ke Pengemplang BLBI: Semua Tercatat, Semua Akan Dapat Giliran...


Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.