Mau Investasi Saham? Simak Beberapa Keuntungan dan Risikonya

Kompas.com - 29/01/2022, 19:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comSaham adalah salah satu instrumen investasi yang banyak diminati, terutama dari kalangan milenial dan generasi Z. Banyak anak muda memilih investasi saham karena beberapa alasan.

Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, jumlah investor yang memiliki aset saham pada tahun 2021 meningkat 101,19 persen menjadi 3,41 juta. Peningkatan tersebut didorong oleh pengembangan dari sisi teknologi digital sehingga cara investasi saham saat ini semakin mudah dilakukan.

Apa itu investasi saham?

Sebelum membahas investasi saham, kenali dulu apa itu saham. Secara sederhana, saham adalah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Membeli saham perusahaan, artinya menjadi pemilik perusahaan tersebut.

Pemilik saham berhak mendapatkan pembagian hasil dari perusahaan sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Dengan memegang saham, maka individu maupun badan bisa mengeklaim kepemilikan pada suatu perusahaan terbuka.

Baca juga: Meroket 90 Persen Jadi 95 Juta, Pengguna DANA 2021 Cetak Rekor

Saham merupakan salah satu produk investasi pasar modal yang bisa menjadi alternatif pilihan investasi jangka panjang. Ketika Anda membeli saham, Anda membeli dalam satuan yang disebut dengan lot. Satu lot saham adalah sama dengan 100 lembar saham.

Saham adalah jenis investasi yang tergolong likuid atau mudah diperjual belikan. Investor bisa sewaktu-waktu membeli saham yang dimiliki ketika membutuhkan dana.

Adapun investasi saham adalah aktivitas menanamkan modal kepada perusahaan yang sudah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memperjual belikan sahamnya.

Saat memilih investasi saham, tentu Anda telah melakukan perhitungan sebelumnya. Seperti apa saja keuntungan dan risiko yang didapat oleh investor dari investasi saham.

Baca juga: Intip Gaji dan Tunjangan Kadinkes hingga Kepala Puskesmas di Jakarta

Seperti diketahui, investasi saham adalah tidak bebas dari risiko kerugian. Karena itu, sangat penting bagi investor pemula untuk belajar saham lebih mendalam untuk meminimalisasi kerugian di kemudian hari.

Investasi saham adalah aktivitas menanamkan modal kepada perusahaan yang sudah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memperjual belikan sahamnya.PIXABAY Investasi saham adalah aktivitas menanamkan modal kepada perusahaan yang sudah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memperjual belikan sahamnya.

Lalu apa saja keuntungan dan risiko dari investasi saham?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.