Pemerintah Sediakan Posko Vaksinasi untuk Pemudik, Kemenhub: Jumlahnya Terbatas

Kompas.com - 08/04/2022, 18:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan menyediakan posko vaksinasi Covid-19 untuk pemudik yang belum mendapatkan vaksinasi booster.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan, jumlah posko vaksinasi untuk pemudik yang disediakan terbatas sehingga tidak semua pemudik dapat diberikan vaksin booster saat periode mudik Lebaran.

Pasalnya, diperkirakan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi angkanya melebihi 40 juta orang.

"Kita tidak mungkin juga menyediakan siapa yang mau datang yang minta vaksin kemudian kita sediakan. Karena tentu jumlahnya terbatas. Tetapi setidaknya pemerintah berusaha membantu masyarakat untuk memenuhi syarat itu," ujar Adita saat Media Briefing, Jumat (8/4/2022).

Baca juga: Kemenhub Akan Sanksi Operator yang Menaikkan Harga Tiket Bus Saat Mudik Lebaran

Oleh karenanya, pemerintah mengimbau pemudik untuk melakukan vaksinasi booster terlebih dahulu sebelum melakukan mudik untuk memenuhi syarat mudik Lebaran.

Pemerintah sendiri mengatakan bahwa tidak memungkinkan melakukan pengecekkan syarat mudik satu per satu mengingat jumlah pemudik yang sangat banyak.

"Jadi sekali lagi ini sifatnya bukan penyekatan kalau pun kemudian ada yang belum melakukan vaksin, kita berikan bantuannya dalam jumlah terbatas," kata Adita.

Menurut Adita, melakukan vaksinasi booster sebelum melakukan perjalanan mudik justru akan memberikan perlindungan bagi pelaku perjalanan itu sendiri.

Baca juga: Angkutan Motor Gratis Khusus Pemudik Kereta Api Bakal Kembali Hadir

Sebab, selain dapat melindungi diri sepanjang perjalanan, pelaku perjalanan juga akan melindungi sanak saudara di kampung halaman.

"Kalau namanya mudik itu sudah bisa dipastikan kita akan bertemu dengan orang-orang lansia dan bisa jadi potensi bagi yang komorbid. Ini adalah bagian dari proteksi kita di samping juga prokes," ucapnya.

Posko vaksinasi Covid-19 untuk pemudik ini akan tersedia di beberapa titik rest area, jalan utama khususnya yang dekat dengan jembatan timbang, dan ruas-ruas yang menjadi jalur mudik utama.

Baca juga: Catat, Tidak Ada Penyekatan Kendaraan pada Periode Mudik Lebaran 2022

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.