Pengusaha Siap Pasok Pupuk Subsidi ke Petani Sawit, asal...

Kompas.com - 26/04/2022, 20:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Para petani sawit menginginkan agar harga pupuk diberikan subsidi. Merespons hal tersebut, Asosiasi Produsen Pupuk Indonesia (APPI) mengaku siap memasok pupuk dengan harga subsidi.

Hanya saja, APPI meminta petani sawit berkomunikasi dengan pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Kementerian Pertanian (Kementan). Sebab kebijakan subsidi pupuk ada di tangan pemerintah.

"Kami siap saja, hanya untuk menjadikan pasokan ke Apkasindo disubsidi, izinnya harus dari Kementerian Keuangan dengan rekomendasi dari Kementerian Pertanian," ujar Sekretaris APPI Achmad Tossin kepada Kompas.com, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: Presiden Larang Ekspor CPO dan Minyak Goreng, Serikat Petani: Bikin Harga Sawit Turun

Mengenai pupuk non-subsidi, APPI mengaku harganya memang terlampau tinggi. Sebab hal tersebut mengacu kepada penetapan harga pupuk internasional.

"Kami tidak menetapkan harga pupuk khusus untuk sawit, hanya penetapan harga pupuk komersil non-subsidi saat ini berkisar 80 persen sampai 90 persen dari harga pupuk internasional," lanjut dia.

Diberitakan sebelumnya, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) mulai menyuarakan kesulitan lantaran mulai banyak pabrik pengolah kelapa sawit yang tutup akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Akibat banyaknya pabrik kelapa sawit tutup, para petani sawit yang panen pun tak dapat mengantongi keuntungan.

Baca juga: Larangan Ekspor CPO Dinilai Bakal Pengaruhi Kinerja Perdagangan Indonesia

"Sejumlah pabrik kelapa sawit di 22 provinsi tutup dengan akibat sawit petani tidak bisa diolah. Truk-truk berisi sawit antre di pabrik-pabrik kelapa sawit yang tutup," ungkap Ketua Umum DPP Apkasindo Gulat Manurung dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, harga pupuk kelapa sawit melejit sehingga membuat petani sawit makin resah. Padahal kata dia, harga jual minyak mentah kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) sedang moncer.

Untuk mengatasi kesulitan para petani sawit, Apkasindo berharap pemerintah mau mengabulkan permintaan petani sawit untuk memberikan subsidi pupuk.

Baca juga: Jokowi Keluarkan Larangan Ekspor Minyak Goreng, Ini Respon Pengusaha Kelapa Sawit

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.