Nasabah Jiwasraya: Uang Kami Sudah 4 Tahun Belum Kembali...

Kompas.com - 29/04/2022, 13:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasabah Jiwasraya yang sudah memegang putusan berkekuatan hukum tetap (inkracht) terus berupaya mendapatkan haknya.

Baru-baru ini, 5 nasabah yang memiliki inkracht mendatangi kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) guna mengutarakan aduan dan meminta bantuan dalam hubungannya dengan perlindungan konsumen.

Salah satu nasabah pemegang inkracht bernama Machril mengatakan, pihaknya ingin membantu dan memberitahu OJK bahwa peraturan OJK tidak berlaku dan dihargai oleh perusahaan jasa keuangan sehingga mengakibatkan nasabah Jiwasraya mengalami kerugian.

Baca juga: IFG Life Luncurkan LIFIA, Pengalihan Polis Eks Jiwasraya Dipercepat

"Uang kami sudah 4 tahun belum kembali. Kami gugat ke pengadilan dan sudah ada putusan berkekuatan hukum tetap atau inkracht tetap tidak mau dibayar. Padahal sudah ada POJK No.69/OJK.05/2016 pasal 40 (3) yang mengatakan dalam tempo paling lama 30 hari harus sudah dilaksanakan," kata dia kepada Kompas.com, Kamis (29/4/2022).

Ia menceritakan, pada Selasa 26 April 2022 mendatangi kantor OJK namun petugas keamanan meminta pihaknya untuk mengadu lewat mailing desk.

"Kami keberatan karena selama ini sudah banyak kirim pengaduan dengan surat, tidak ada follow up, karena konsumen dihadapkan dengan mesin penjawab atau call center 157 yang sulit tersambung. Ini berkali-kali keluhan yang kami sampaikan," tegas dia.

Setelah itu, ia mengatakan berhasil bertemu dengan petugas dari perlindungan konsumen. Petugas tersebut kemudian memandu laporan dan dokumen nasabah ke bagian mailing desk.

Namun demikian, pihaknya belum puas dengan hasil pertemuan hari itu. Berdasarkan penuturannya, pihak OJK belum dapat menjanjikan langkah konkret untuk dapat memastikan hak pembayaran terhadap nasabah yang memiliki inkracht terbayarkan.

"Petugas dari perlindungan konsumen tidak kooperatif sama sekali. Tidak menjanjikan sesuatu harapan cuma menemui kami dan mendengarkan keluhan. Dia hanya mau menerima satu orang di antara kami. Benar-benar aneh, padahal dia bagian menerima keluhan dan fungsinya melindungi atas keluhan yang merugikan (kami) sebagai konsumen," urai dia.

Baca juga: IFG Life Bayar Klaim Nasabah Eks Jiwasraya. Ini Besarannya

Selanjutnya, Machril berkata pihaknya telah mengirimkan surat ke Menkopulhukam. Ia bilang akan mengirimkan surat susulan kepada Komisi III DPR RI dan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) RI untuk mendapatkan dukungan untuk menyelesaikan kasus ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.