Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Long Weekend, KAI Catat 67.000 Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Kompas.com - 16/05/2022, 10:40 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta mencatat selama libur panjang atau long weekend ini, 13-15 Mei 2022, terdapat sekitar 67.000 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Kahumas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, peningkatan jumlah penumpang ini disebabkan adanya libur panjang, di mana libur akhir pekan bertambah dengan libur nasional Waisak.

Baca juga: Ada Long Weekend, KAI Perkirakan Arus Balik Masih Cukup Tinggi

"Di akhir minggu ini volume penumpang berangkat juga kembali mengalami peningkatan dengan adanya momen libur nasional Hari Raya Waisak," ujarnya dalam keterangan, Minggu (15/5/2022).

Adanya long weekend ini juga membuat penumpang arus balik mudik Lebaran 2022 membeludak. Beberapa pemudik ingin memanfaatkan waktu mudiknya semaksimal mungkin dengan pulang pada akhir pekan kemarin dan hari ini.

Tercatat pada Minggu (15/5/2021) terdapat sekitar 14.300 penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen dan 9.600 pengguna tiba di Stasiun Gambir.

Baca juga: KAI Commuter Gandeng INKA Buat Pengadaan 16 Rangkaian KRL Baru

Sementara, secara total sejak tanggal 13-15 Mei 2022 terdapat sekitar 67.000 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen.

"Untuk arus balik hingga saat ini masih cukup tinggi. Seluruh pengguna jasa KA yang tiba dipastikan telah memenuhi persyaratan perjalanan KA melalui pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan," ucapnya.

Kemudian, KAI Daop 1 Jakarta juga mencatat 651.427 penumpang dari Daop 1 Jakarta untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen selama 22 hari periode Angkutan Lebaran, yakni mulai 22 April sampai 13 Mei 2022.

Sepanjang periode tersebut, KAI Daop 1 Jakarta telah mengoperasikan 1.383 kereta api dengan rata-rata perhari sebanyak 63 kereta api.

"Hingga kini seluruh perjalanan kereta api berjalan lancar dan selamat dari stasiun keberangkatan menuju stasiun kedatangan," kata Eva.

Baca juga: Arus Mudik Masih Ada, KAI Daop 1 Jakarta: Kedatangan Penumpang dari Daerah Mulai Meningkat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com