Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Bisnis Cloud dan Data Center Bidik 30 Juta UMKM Go Digital

Kompas.com - 22/05/2022, 20:16 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com – Para pelaku bisnis data center dan cloud services antusias menyambut arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk membidik 30 juta UMKM go digital pada 2024.

Vice President Finance & Business Operations IDCloudHost Adam Darmanto mengungkap bahwa para pemangku kepentingan di bidang teknologi informasi menaruh perhatian besar terkait hal ini.

Gelaran bertajuk Konvensi Data Center & Cloud Services Indonesia 2022 yang diselenggarakan di Hotel Shangri La, Jakarta, pada Kamis, 19 Mei 2022 menjadi cerminan keseriusan para pelaku industri ini.

Baca juga: Mantan Dirut Telkomtelstra Ditunjuk Jadi Komisaris Perusahaan Cloud Australia

"Kami siap memberikan layanan terjangkau dan berkualitas untuk mendukung program pemerintah melakukan onboarding digitalisasi UMKM di Indonesia sesuai program pemerintah, 30 juta UMKM digital," ungkap Adam mewakili salah satu startup penyedia cloud services, dikutip dari keterangan resmi pada Minggu (22/5/2022).

Dalam beberapa tahun terakhir, industri data center global tumbuh dengan sangat cepat. Hal ini didorong oleh transformasi digital yang terjadi secara masif, teknologi IoT yang semakin berkembang, dan peralihan ke layanan cloud computing.

Berdasarkan laporan yang dirilis oleh Research and Markets, pasar data center global diperkirakan akan tumbuh dengan Tingkat Pertumbuhan Tahunan Majemuk (Compounded Annual Growth Rate/CAGR) yang mencapai lebih dari 2 persen selama periode 2019-2025.

Baca juga: Pasar Data Center Tumbuh Pesat, Telkom Hadirkan NeutraDC

Pasar ini telah menarik investasi yang signifikan pada layanan colocation, cloud, dan penyedia layanan telekomunikasi. Indonesia kini menjadi pusat dari pertumbuhan pasar ini.

Menurut Mordor Intelligence, pasar data center Indonesia diperkirakan akan tumbuh dengan CAGR sebesar 12,95 persen selama periode 2021-2026.

Terkait hal ini, Adam menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan tidak hanya data center yang berkualitas, tetapi juga data center yang terjangkau bagi penyedia cloud services untuk dapat melayani onboarding digitalisasi UMKM.

"Kami mendorong para peyedia Data Center untuk melakukan inovasi agar layanan Data Center di Indonesia terjangkau,” jelas Adam.

Baca juga: Telkom-Singtel Kolaborasi Kembangkan Data Center dan Bisnis Broadband

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com