BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan BCA

Awas, Modus Penipuan Tawarkan Upgrade Jadi Nasabah BCA Prioritas

Kompas.com - 24/05/2022, 15:42 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kasus penipuan mengatasnamakan bank masih terus terjadi. Baru-baru ini, ada penipuan yang mengatasnamakan bank BCA dengan menggunakan modus baru, yaitu penawaran program upgrade menjadi nasabah BCA Prioritas. Sasarannya adalah nasabah yang belum menjadi nasabah BCA Prioritas.

Sebagai informasi, BCA Prioritas merupakan layanan perbankan khusus dan eksklusif untuk nasabah yang telah memercayakan bank BCA sebagai tempat penyimpanan uang dalam jumlah tertentu.

Nasabah BCA Prioritas memiliki beragam hak istimewa dalam layanan perbankan serta non-perbankan, seperti fasilitas lounge, rate spesial, komunitas khusus, acara eksklusif, dan penawaran spesial di berbagai merchant.

Dikutip dari artikel di website resmi BCA, dengan mengatasnamakan bank BCA, para pelaku kejahatan (fraudster) menelepon atau mengirimkan pesan teks melalui WhatsApp untuk menawarkan program upgrade menjadi nasabah BCA Prioritas.

Mereka memasang jerat phishing berupa tautan (link) palsu agar korban mengisi data-data pribadi perbankan, seperti nomor kartu debit, password, personal identification number (PIN), bahkan kode one time password (OTP).

Dengan data-data pribadi tersebut, pelaku dapat mengakses akun BCA mobile atau rekening milik korban dan mengambil uangnya.

Modus itu bahkan terjadi juga di media sosial, salah satunya Instagram. Para pelaku menggunakan akun palsu yang dibuat mirip dengan akun resmi bank BCA. Lewat akun palsu ini, mereka memasang iklan layanan upgrade menjadi nasabah BCA Prioritas. Ada juga yang menawarkan jasa pengajuan kartu kredit atau penggantian kartu debit BCA berbasis chip.

(Baca juga: Tingkatkan Keamanan Bertransaksi, Saatnya Ganti Kartu ke Debit BCA Chip)

Agar menarik calon korban, mereka mencantumkan syarat dan ketentuan yang sangat ringan. Sebagai contoh, untuk upgrade ke layanan BCA Prioritas, nasabah cukup memiliki saldo tabungan yang lebih rendah dari ketentuan resmi, misalnya hanya Rp 10 juta.

Tip hindari penipuan bermodus tawaran upgrade menjadi BCA Prioritas

Bank BCA memberikan sejumlah tip yang perlu dipahami nasabah guna menghindari penipuan dengan modus seperti ini.

1. Kenali syarat dan ketentuan resmi menjadi nasabah BCA Prioritas

Untuk mendapatkan layanan BCA Prioritas, nasabah bank BCA harus memenuhi sejumlah syarat dan ketentuan tertentu yang bisa dilihat di sini. Nasabah akan mendapat undangan resmi dari pihak bank BCA.

2. Kenali nomor telepon, website, dan akun media sosial resmi bank BCA

Layanan call center Halo BCA adalah 1500888 tanpa awalan 021 atau +62. Nomor resmi WhatsApp Bank BCA adalah 08111500998 yang verified dan bercentang hijau.

Akun resmi Instagram bank BCA adalah @GoodlifeBCA yang verified dan bercentang biru. Semua akun resmi media sosial bank BCA bisa dicek di sini.

(Baca juga: Niat Hati Buat Aduan pada CS Bank lewat Media Sosial Malah Kena Jebakan Penipuan)

Website resmi Bank BCA adalah www.bca.co.id, dan website resmi BCA Prioritas dapat diakses melalui laman prioritas.bca.co.id dan aplikasi BCA Young Community (BYC).

3. Jangan klik link sembarangan dan membagikan data pribadi

Demi menjerat korban, fraudster biasanya akan mengirimkan link palsu. Link ini meminta nasabah mengisi data-data pribadi seperti PIN, OTP, nomor kartu debit, kartu kredit, card verification value (CVV), dan card verification code (CVC).

Karena #DatamuRahasiamu, bank BCA tidak pernah meminta nasabah untuk mengisi data-data pribadi tersebut melalui sarana apa pun, termasuk link.

4. Laporkan akun palsu

Jika menemukan akun media sosial palsu Bank BCA, misalnya di Instagram Ads, nasabah dapat melaporkan ke akun resmi Instagram bank BCA @GoodlifeBCA atau ke Instagram agar akun tersebut dinonaktifkan (takedown). Caranya dapat dilihat di sini.

Sementara itu, jika menemukan nomor telepon atau WhatsApp Halo BCA palsu, segera laporkan ke Halo BCA di nomor 1500888.

Untuk mengetahui update mengenai modus-modus penipuan perbankan terkini, nasabah bisa #CariTahuBiarAman di www.bca.co.id/awasmodus.


komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com