Menko Airlangga Ajak Jepang Investasi Kembangkan Smart City di IKN

Kompas.com - 22/07/2022, 11:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengajak Jepang untuk ikut berinvestasi mengembangkan sistem kota pintar atau smart city pada Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Hal itu diungkapkannya saat menerima kunjungan Member of Board of Directors Japan Overseas Infrastructure Investment Corporation for Transport and Urban Development (JOIN), Takuma Hatano di Kantor Kemenko Perekonomian pada Kamis (21/7/2022).

JOIN merupakan perusahaan dana investasi infrastruktur yang disponsori oleh pemerintah-swasta Jepang yang berada di bawah Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism (MLIT).

Baca juga: Bahlil: Tidak Ada Kata Mundur, IKN Harga Mati!

Pada kesempatan itu, Airlangga mengajak JOIN untuk terlibat aktif dalam mendukung pengembangan smart city, sektor energi terbarukan, dan ekonomi digital di Indonesia.

“Kami harap JOIN dapat berkontribusi dalam pengembangan sistem smart city di ibu kota baru kami di Kalimantan,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/7/2022).

Ia mengungkapkan, bahwa ibu kota baru Indonesia yang memiliki visi 'Kota Dunia untuk Semua' akan menerapkan konsep kota pintar yang mengintegrasikan inovasi dalam pengembangan teknologi informasi, baik infrastruktur keras dan lunak, serta sistem bangunan dan transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Ibu Kota Nusantara nantinya akan menjadi sebuah kota ideal yang dapat menjadi role model bagi pembangunan dan pengelolaan kota di Indonesia dan dunia. Selain itu, sekaligus akan menjadi simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia, dan penggerak ekonomi Indonesia di masa depan.

"Dalam hal ini, sumber daya energi berkelanjutan dan infrastruktur digital juga merupakan bagian integral dari pembangunan perkotaan modern dan kota pintar," kata Airlangga.

Sebagai informasi, JOIN yang didirikan di Jepang pada Oktober 2014 tersebut, bertujuan untuk mendorong perusahaan Jepang memanfaatkan pengetahuan, teknologi, dan pengalaman di bidang infrastruktur untuk berekspansi ke luar negeri.

Saat ini JOIN mengoperasikan 7 proyek di Indonesia dengan nilai total sekitar 28,6 miliar yen atau sekitar 62,3 juta dollar AS.

Proyek tersebut di antaranya, Proyek Jalan Tol Brownfield di Jakarta dan Sulawesi Selatan, Proyek Urban Devt Plaza Indonesia di Jakarta, dan Proyek Pembangunan Perkotaan Mega Kuningan Jakarta.

Selain itu Proyek Pengembangan Perkotaan Sakura Garden City (Jakarta Tenggara Ibukota), Proyek Pembangunan Perkotaan Jakarta Garden City, Proyek Gudang Cold Storage di Bekasi, dan Proyek Pengembangan Perkotaan Mixed-use BSD City di Banten.

Baca juga: Sayembara Desain IKN Rampung, Ini Rencana Prioritas Pembangunannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.