KILAS

Hemat Biaya Bahan Bakar, PGN Siap Penuhi Gas Bumi di RU IV Cilacap

Kompas.com - 29/07/2022, 18:22 WIB

KOMPAS.com – Subholding Gas Pertamina PT PGN Tbk (PGN) bersiap memenuhi kebutuhan gas bumi ke RU IV Cilacap dengan total volume kontrak tahunan gas sekitar 51 million standard cubic feet per day (MMSCFD).

Proyek tersebut dilakukan dalam rangka melakukan proyek land based liquid natural gas (LNG) Regasification Terminal RU IV Cilacap.

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Muchtasyar mengatakan, dasar pemilihan opsi penyaluran gas menggunakan skema small land based regasification mengacu pada upaya pencapaian penghematan biaya bahan bakar di RU Cilacap.

Oleh karenanya, PGN dan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) selaku Subholding Refinery and Petrochemical menyepakati volume kontrak tahunan berdasarkan kebutuhan Kilang Eksisting RU IV Cilacap sebesar kurang lebih 36 MMSCFD mulai 2024.

Baca juga: Program Jargas PGN di Jateng dan DIY Dapat Respons Positif dari Bupati Sleman

Perjanjian tersebut juga memperhatikan demand untuk proyek New Diesel Hydrotreating (New DHT ) sebesar 15 MMSCFD mulai 2026.

“Pertamina mendukung penuh proyek ini sehingga untuk kebutuhan RU IV Cilacap, PGN akan memanfaatkan LNG portofolio milik Pertamina sebanyak delapan kargo per tahun ,” ujarnya melansir pertamina.com, Jumat (29/7/2022).

Dia mengatakan itu dalam Penandatangan Kesepakatan Inisiatif Strategis Pembangunan Small Land Based Terminal Regasifikasi LNG RU IV Cilacap, Senin (25/7/2022).

Achmad mengatakan, periode kontrak telah disepakati selama 30 tahun.

Dia menjelaskan, penyaluran gas ke RU IV Cilacap akan menggunakan LNG Carrier (LNGC) berukuran 19.000 meter kubik pada Fase 1 (2024–2025) dan new build LNGC berukuran 35.000 meter kubik pada Fase 2 mulai 2026.

Baca juga: PGN: Kebocoran Pipa Gas di MT Haryono Diduga karena Aktivitas Pihak Ketiga di Sekitar Lokasi

Proyek Terminal LNG Regasifikasi RU IV Cilacap juga akan mengoptimasi Kilang Bontang sebagai LNG Hub.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.