Ini Alasan SRO Ajak Investor Tingkatkan Transaksi di Pasar Modal pada 9 Agustus 2022

Kompas.com - 08/08/2022, 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Self Regulatory Organization (SRO) yang terdiri dari PT Bursa Efek Indonesia (BEI), PT Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mengajak para investor untuk meningkatkan transaksinya pada sesi perdagangan Selasa (9/8/2022) besok.

Pasalnya, seluruh biaya transaksi dan jasa kustodian pada sesi perdagangan esok hari akan digunakan sebagai dana kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), dalam rangka memperingati HUT Ke-45 Pasar Modal Indonesia.

"Para investor dan pelaku pasar modal lainnya diharapkan dapat meningkatkan nilai transaksinya pada perdagangan tanggal 9 Agustus 2022, karena melalui peningkatan nilai transaksi bursa, dapat meningkatkan fee transaksi bursa dan fee jasa kustodian sentral yang akan digunakan untuk dana CSR,” ujar Antonius dalam keterangan resminya, Senin (8/8/2022).

Baca juga: Sambut HUT RI, Pegadaian Bebaskan Bunga Pinjaman Selama 45 Hari

Antonius yang juga merupakan Ketua Panitia HUT Pasar Modal Indonesia ke-45 mengungkapkan, SRO bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah merencanakan beberapa program CSR dalam rangka HUT Pasar Modal yang ke-45, di antaranya restorasi daerah pesisir termasuk pengembangan kapasitas masyarakat, penghijauan lingkungan dengan kegiatan penanaman pohon, serta program pengolahan dan pemberdayaan sampah untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, lanjut dia, juga terdapat Program Anak Indonesia Sehat untuk pencegahan stunting, penguatan ketahanan pangan, pengadaan perahu sekolah gratis, perbaikan sarana dan akses pendidikan, bantuan ambulans darat untuk RSUD, serta kegiatan donor darah.

"Selanjutnya, OJK dan SRO juga akan berupaya melaksanakan kegiatan-kegiatan CSR lainnya yang bermanfaat dalam jangka panjang bagi penerima, dan sejalan dengan upaya pemerintah dalam mensukseskan Tujuan Pembangungan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang menjadi prioritas pembangunan nasional," tuturnya.

Baca juga: IHSG Parkir di Zona Merah, 3 Saham Ini Catatkan Koreksi Paling Dalam

Berbagai kegiatan CSR dalam rangka HUT Ke-45 Pasar Modal Indonesia yang dilakukan oleh pasar modal pada berbagai bidang diharapkan dapat langsung membantu kebutuhan dasar manusia dan menyentuh pihak-pihak yang memang benar-benar membutuhkan di berbagai wilayah di Indonesia.

“Dengan adanya partisipasi dari investor di pasar modal diharapkan juga semakin menguatkan sumber pendanaan CSR sehingga dapat memberikan dampak positif yang lebih luas yang dapat diberikan oleh pasar modal untuk kemajuan Indonesia,” ucap Antonius.

Baca juga: Awali Pekan, IHSG Bergerak Fluktuatif

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.