Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Incar KPR Senilai Rp 2,5 Triliun Selama Pameran Perumahan IPEX 2022

Kompas.com - 15/08/2022, 22:17 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mengincar potensi izin prinsip kredit pemilikan rumah (KPR) sebesar Rp 2,5 triliun selama perhelatan Indonesia Properti Expo (IPEX) 2022.

Pameran perumahan IPEX 2022 ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta selama 13-21 Agustus 2022.

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan, IPEX 2022 diikuti oleh 55 pengembang yang terdiri dari 11 pengembang subsidi, 44 pengembang non subsidi, dan 7 peserta dari penyedia pendukung perumahan dan pengembang non-asosiasi.

Baca juga: Kemenko Perekonomian: PMN untuk BTN Masih Dievaluasi, Garuda dan Waskita Sudah Pasti

Proyek yang dipasarkan pada pameran ini mencapai lebih dari 300 proyek perumahan yang tersebar di seluruh Jabodetabek dan beberapa kota seperti Bandung, hingga Surabaya.

"Selama Sembilan hari pameran ini diharapkan mampu menyedot pengunjung lebih dari 55.000 orang," ujarnya dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (15/8/2022).

BTN memberikan promo suku bunga KPR yang menarik bagi masyarakat yang mengambil KPR dalam ajang IPEX 2022 yakni hanya 2,22 persen di tahun pertama. Ada juga penawaran gratis biaya provisi, administrasi, dan appraisal.

Haru menambahkan, Bank BTN terus berkomitmen menjadi mitra Pemerintah dalam memenuhi kebutuhan rumah layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Komitmen ini dibuktikan dengan turut berkontribusi dalam program sejuta rumah. 

Baca juga: BTN Berharap Right Issue di Kuartal IV 2022 Bakal Kuatkan Rasio Permodalan

Pasalnya, permintaan masyarakat akan hunian akan terus ada dan jumlahnya terus bertambah. Hal ini terlihat dari kesenjangan akan permintaan dan kemampuan dalam penyediaan rumah bagi masyarakat.

Dalam pemenuhan rumah yang layak huni terutama bagi MBR, pemerintah tidak sendirian dalam mewujudkannya. Diperlukan kerjasama berbagai pihak baik dari asosiasi pengembang, perbankan dan regulator. IPEX 2022 ini merupakan salah satu sarana untuk menjawab kebutuhan tersebut.

IPEX 2022 kali ini sangat istimewa karena selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-77, juga dalam rangka memeriahkan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) tahun 2022 yang mengusung tema Hunian Layak dan Terjangkau untuk Semua. 

Baca juga: BTN Target Salurkan KPR Subsidi untuk 160.000 Rumah Sepanjang 2022

"IPEX 2022 kali ini kami mengusung tema KPR BTN Merdeka, yang memiliki makna setiap masyarakat berhak memiliki hunian yang layak dengan difasilitasi melalui KPR BTN," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com