Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Eti Rochaeti SE, MM
Dosen

Kandidat Doktor Ilmu Ekonomi UNS Surakarta. Dosen Tetap pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Jakarta, sejak tahun 1990

Tips Branding Usaha Kecil

Kompas.com - 16/08/2022, 16:58 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

MEREK bagi usaha kecil lebih dari sekadar logo, tampilan dan nuansa yang menciptakan visi di benak pelanggan.

Singkatnya, merek usaha kecil adalah kisah yang diceritakan tentang bisnis kecil melalui pemasaran baik secara internal maupun eksternal.

Menciptakan merek yang paripurna adalah bagaimana menceritakan kisah sebuah merek, mungkin tampak seperti dongeng yang sulit dipahami.

Tetapi dengan sedikit usaha kreatif, branding yang tepat adalah hal yang akan membedakan bisnis usaha kecil dari pesaingnya.

Merek usaha kecil lebih dari produk yang dijual, karena orang membeli dari perusahaan yang mereka percayai. Jadi merek harus memberi tahu siapa pelanggannya.

Ciptakan merek usaha kecil yang solid dan sellable, melalui tahapan berikut:

1. Menentukan merek usaha kecil

Pikirkan tentang apa yang ingin dilakukan pada usaha kecil tersebut. Kemudian, pikirkan orang yang akan membeli produk atau layanan Anda. "Orang-orang" ini adalah persona bisnis usaha kecil.

Saat berpikir tentang branding bisnis usaha kecil, pikirkan terlebih dahulu tujuan lebih tinggi yang dapat dilayani oleh bisnis kecil tersebut.

Kemudian, cari tahu persona merek, atau tipe orang yang akan menjadi target merek usaha kecil tersebut. Gabungkan pernyataan tersebut untuk memulai pernyataan misi merek bisnis kecil.

2. Mengembangkan pesan merek usaha kecil yang relevan

Dengan tujuan dan persona merek yang lebih tinggi, pernyataan misi adalah yang berikutnya. Ketika membuka bisnis usaha kecil, maka harus memiliki sesuatu yang diyakini, yang memerlukan semacam tagline atau slogan.

Jika hanya memiliki beberapa kata untuk dibagikan kepada pelanggan ideal, apa yang akan dikatakan kepada mereka?

Tagline ini menunjukkan kemungkinan bersenang-senang. Pesan utama apa yang ingin dikomunikasikan oleh merek adalah bagaimana merek akan terdengar ketika membagikan pesan-pesan.

Merek membutuhkan suara, jika tidak yakin dengan apa yang ingin dikatakan, ada beberapa trik yang dapat digunakan untuk menentukan nada suara merek. Bahkan ada strategi untuk mengoptimalkan suara itu untuk target audiens.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com